PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 9 KOTA JAMBI

Elisabeth, Dewi Mariana (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (131kB)
[img] Text
SKRIPSI DEWI MARIANA ELISABETH.A1C118029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Elisabeth, Dewi Mariana. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Pada Materi Hidrolisis Garam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 9 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si (II) Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Kemampuan Berpikir Kritis, Hidrolisis Garam. Pada masa peralihan pembelajaran, pendidik dituntut untuk mengembalikan suasana pembelajaran yang menarik agar dapat menarik peserta didik untuk ikut andil dalam pembelajarannya. Satu di antara banyaknya faktor landasan kesenjangan nilai yang terjadi bisa dikatakan bahwa tingkat pemahaman atau tingkat berpikir peserta didik yang belum masuk pada kriteria berpikir kritis. Hal ini menjadi alasan bahwa di sekolah tersebut dibutuhkan satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik agar menekan angka tidak tuntas pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) mata pelajaran kimia kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment), yang dilaksanakan pada kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berpikir kritis dan tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen terjadi peningkatan pada pertemuan kedua, dari pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 40,56% kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 70,37% pada kelas kontrol juga terjadi peningkatan berpikir kritis pada pertemuan pertama 38,15% meningkat menjadi 61,85% pada pertemuan kedua. Adanya peningkatan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kritis pada setiap pertemuan di masing-masing kelas. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas maka untuk membuktikan hipotesis dilakukan uji t. Hasil perhitungan uji diperoleh thitung = 4,3758. Nilai tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel = 1,7011 sehingga diketahui thitung > ttabel yaitu 4,3758 > 1,7011 dengan df = 28 dan α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sehingga disarankan bagi pendidik untuk menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) agar kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Kemampuan Berpikir Kritis, Hidrolisis Garam,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ELISABETH
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:42
Last Modified: 05 Jul 2022 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36221

Actions (login required)

View Item View Item