Naibaho, Bungaria Rotama (2022) Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
![]() |
Text
Revisi Skripsi Bungaria Naibaho.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (15kB) |
Abstract
Naibaho, Bungaria Rotama. 2022. Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. Kamarudin, M.Pd (2) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd Kata Kunci: Implementasi, Penilaian Autentik, Teks Persuasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran teks persuasi kellas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada kompetensi pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik) selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Kota Jambi pada tanggal 28 Februari sampai dengan 21 Maret 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan RPP. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) mengimplementasikan penilaian autentik, secara umum guru telah menerapkannya sesuai dengan teori penilaian autentik baik dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, 2) pelaksanaan penilaian autentik dilakukan dengan berpacu pada RPP meskipun dalam pelaksanaannya terdapat sedikit perbedaan dengan apa yang telah dicantumkan dalam RPP, 3) beberapa kendala yang dialami oleh guru yakni kesulitan dalam menyusun instrumen dan pedoman penilaian, kesulitan menyesuaikan jumlah siswa dengan banyaknya penilaian yang dilakukan dan keterbatasan waktu. Dari hasil penelitian disarankan agar guru mengecek kembali RPP yang telah dirancang sebagai acuan pelaksanaan penilaian. menguasai teknik-teknik penilaian autentik dan menggunakan seluruh variabel yang ada pada setiap aspek yang telah ditetapkan pemerintah agar penilaian lebih autentik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | NAIBAHO |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 03:55 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 03:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |