Kurniawati, Puput (2022) Pengaruh Menganyam Kertas Origammi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK...pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
BAB I...pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB V...pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA...pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
REVISI SKRIPSI_PUPUT KURNIAWATI 021099.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Lembar persetujuan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Menganyam Kertas Origami, Perkembangan Motorik Halus Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum berkembangnya perkembangan motorik halus pada anak dimana sebagian anak masih belum bisa menggunting pola gambar. Ada anak yang bisa menggunting pola gambar, ada yang menggunakan kedua tangannya bahkan ada anak yang tidak bisa sama sekali menggunting pola gambar. Rumusan penelitian ini apakah terdapat pengaruh menganyam kertas origami terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh menganyam kertas origami terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental designs dengan pendekatan one group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan selama sebulan terhitung mulai tanggal 25 Maret-25 April 2022. Data perkembangan motorik halus melalui kegiatan menganyam kertas origami diperolah dari lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah anak didik TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi kelas B1 yang berjumlah sebanyak 14 anak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh menganyam kertas origami terhadap perkembangan motorik halus.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel non probability sampel dengan jenis teknik purposive sampel. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan tiga uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai t hitung sebesar (4,695)> t tabel (2,179). T tabel didapatkan dari n – 2 = 12 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 2,228. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan, dengan kriteria interpretasi cohen’s d 1,43 masuk dalam kategori kuat (Strong effect). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh menganyam kertas origami terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi yang dapat di terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa motorik halus anak dengan kegiatan menganyam kertas origami mengalami peningkatkan. Keywords: Weaving Origami Paper, Fine Motor Development This research is motivated by the still undeveloped fine motor development in children where some children are still not able to cut out image patterns. There are children who can cut out the pattern of the picture, there are those who use both hands and there are even children who cannot cut the pattern at all. The formulation of this research is whether there is an effect of weaving origami paper on the fine motor development of children aged 5-6 years in TK Negeri Pembina 2 Jambi City. The purpose of this study was to determine the effect of weaving origami paper on the fine motor development of children aged 5-6 years in Pembina 2 Kindergarten, Jambi City. The type of research used in this research is experimental. The type of experimental research is pre-experimental research designs with a one group pretest posttest design approach. This research was conducted for a month starting from March 25-25 April 2022. Data on fine motor development through weaving origami paper were obtained from observation sheets. The subjects of this study were students of Kindergarten State Pembina 2 Jambi City class B1 which amounted to 14 children. The hypothesis in this study is that there is an effect of weaving origami paper on fine motor development. The sampling technique in this study used a non-probability sampling technique with a purposive sampling technique. The data collection tools used in this study were observation and documentation. The data analysis technique used in this study used three tests, namely normality test, homogeneity test and hypothesis testing. Based on the results of data analysis, the value of t count is (4.695)> t table (2.179). The t table is obtained from n – 2 = 12 which in the t table distribution the value is 2,228. The data shows a significant effect, with Cohen's d 1.43 interpretation criteria included in the strong category (Strong effect). The conclusion of this study is that there is an effect of weaving origami paper on the fine motor development of children aged 5-6 years in Pembina 2 Kindergarten in Jambi City which can be seen from the results of research which show that the fine motor skills of children with origami paper weaving activities have increased.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Weaving Origami Paper, Fine Motor Development Menganyam Kertas Origami, Perkembangan Motorik Halus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Kurniawati |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 07:10 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |