Rahmi, Safira (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN JENIS KELAMIN TERHADAP KEMAMPUAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KECAMATAN PAYAKUMBUH. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN KETUA PROGRAM STUDI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan judul “Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan jenis kelamin terhadap kemampuan high order thinking skills (HOTS) peserta didik SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran PBL terhadap kemampuan HOTS peserta didik SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh, pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan HOTS peserta didik SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh, serta interaksi model pembelajaran PBL dan jenis kelamin terhadap kemampuan HOTS peserta didik SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh. Penelitian tentang pengaruh atau penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan high order thinking skills (HOTS) pada materi kimia telah banyak dilakukan oleh peneliti lain dan hasilnya memberikan pengaruh positif terhadap hasil penelitian yang diperolehnya. Diperlukan upaya baru atau pembaruan pada penerapan model PBL dan jenis kelamin terhadap HOTS yang dikembangkan oleh Marzano. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan Quasi eksperiment atau eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2 dan teknik Analisis varian (ANOVA) dua jalur. Teknik sampling yang digunakan yaitu Simple Random Sampling dan instrument yang digunakan yaitu soal tes essay berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan Anova 2 Jalur pada uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis (1) terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan HOTS peserta didik SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh, (2) tidak terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan HOTS peserta didik yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang siginikan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh, serta (3) tidak terdapat interaksi model PBL dan jenis kelamin terhadap kemampuan HOTS peserta didik SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan HOTS peserta didik pada materi laju reaksi dan tidak terdapat pengaruh jenis kelamin serta interaksi model PBL dan jenis kelamin terhadap kemampuan HOTS peserta didik SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh. Disarankan untuk melakukan penelitian dengan model pembelajaran dan materi lain serta faktor jenis kelamin disarankan melakukan penelitian dengan waktu yang mencukupi agar tercapai hasil yang maksimal.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | RAHMI |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:24 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |