Willianto, Ryan (2022) Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Modalitas Gaya Belajar Menggunakan Flip PDF Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Reaksi Redoks. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
Abstract
Willianto, Ryan, 2022. “Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Modalitas Gaya Belajar Menggunakan Flip PDF Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Reaksi Redoks di Ganesha Operation”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Zurweni, M.Si., (II) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. Kata Kunci: e-Modul, Redoks, Modalitas, Interaktif, Gaya Belajar. Pembelajaran kimia yang cenderung membutuhkan pemahaman mendalam membuat pelajar membutuhkan usaha lebih dalam memahami pembelajaran. Berbagai faktor pembelajaran dapat memengaruhi proses pemahaman siswa. Modalitas gaya belajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) dalam pembelajaran dapat membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran. Hal ini dapat dikembangkan dalam sebuah modul elektronik yang menggabungkan aspek gaya belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik yang dapat membantu pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan e-modul berbasis modalitas gaya belajar secara konseptual dan prosedural, secara praktis, serta respon siswa terhadap e-modul yang digunakan. Model pengembangan Lee & Owens merupakan salah satu model penelitian Research and Development (RnD) terhadap pengembangan multimedia. Produk yang dikembangakan dilakukan validasi oleh ahli media dan materi serta praktisi yang kemudian diuji coba terhadap siswa ada uji coba satu-satu dan kelompok kecil. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket dengan teknik analisis data campuran, yakni kualitatif (komentar-saran) dan kuantitatif (persentase). Hasil penelitian ini berupa hasil validasi ahli media dan materi dengan masing masing persentase 91% (Sangat Baik) dan 93% (Sangat Baik). Kemudian berdasarkan hasil validasi ahli praktisi dari instruktur pendidik diperoleh tanggapan bahwa media yang dikembangkan layak untuk diuji cobakan dengan persentase penilaian sebesar 83% (sangat baik). Kemudian mendapat respon yang sangat baik dari siswa pada tahap uji coba satu-satu dan kelompok kecil dengan masing-masing persentase respon sebesar 95% dan 84% dengan kategori Sangat Baik. Simpulan dalam penelitian ini adalah e-modul interaktif berbasis modalitas gaya belajar layak untuk digunakan dalam mengukung gaya belajar siswa pada pembelajaran kimia materi reaksi redoks.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Modul, Redoks, Modalitas, Interaktif, Gaya Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | WILLIANTO |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 07:15 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 07:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |