Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun

Afifah, Aminatul (2022) Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Aminatul Afifah_A1F118048_Skripsi 12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN AFIFAH.pdf

Download (37kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun yang masih kurang berkembang. Hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu pada saat proses pembelajaran masih ada anak suka terbalik-balik atau keliru dalam mengucapkan kembali apa yang diucapkan gurunya, anak sulit mengingat apa yang disampaikan guru setelah beberapa waktu, dan anak belum bisa menirukan kalimat yang disampaikan secara sederhana oleh guru. Dalam hal ini ada beberapa masalah terkait kecerdasan linguistik yang harus diperbaiki sehingga kecerdasan anak dapat berkembang dengan baik. Berdasarkan permasalahan yang telah peneliti jelaskan diatas dapat dirumuskan apakah terdapat pengaruh permainan bisik berantai terhadap kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai terhadap kecerdasan linguistic anak usia 5-6 tahun. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho : Tidak ada pengaruh permainan bisik berantai terhadap kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun.Ha : Terdapat pengaruh permainan bisik berantai terhadap kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design.Populasi penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 56 anak, sedangkan sampel penelitiannya anak kelompok B kelas B3 dengan jumlah anak sebanyak 14. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji Relialibilita, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil uji one sample t-test yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS pada tabel 4.13 didapatkan nilai sig (0,001) < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan linguistik anak antara saat pre-test dan saat post-test. Hal tersebut menunjukkan bahwa permainanbisikberantai berpengaruh dapat meningkatkan kecerdasan linguistik anak. This research is motivated by the results of research showing that the linguistic intelligence abilities of children aged 5-6 years are still underdeveloped. This is evidenced from the initial findings, namely during the learning process there are still children who like to reverse or err in repeating what the teacher says, children have difficulty remembering what the teacher said after some time, and children cannot imitate sentences simply conveyed by the teacher. teacher. In this case, there are several problems related to linguistic intelligence that must be improved so that children's intelligence can develop properly. Based on the problems that have been described above, it can be formulated whether there is an effect of the whispering chain game on the linguistic intelligence of children aged 5-6 years. The purpose of this study was to determine the effect of the serial whisper game on the linguistic intelligence of children aged 5-6 years. The hypothesis in this study is Ho: There is no effect of chain whispering games on the linguistic intelligence of children aged 5-6 years. Ha: There is an effect of chain 2− Jurnal Al-Abyadh whispering games on the linguistic intelligence of children aged 5-6 years. This research is a type of quantitative research that uses experimental methods. The experimental method used is Pre-Experimental Design in the form of One-Group Pretest-Posttest Design. The population of the research is group B children, totaling 56 children, while the research sample is group B children in class B3 with 14 children. The sampling technique in this study using purposive sampling. The instrument used in this research is observation. The data analysis technique used is the Validity Test and Reliability Test, Normality Test, Homogeneity Test, and Hypothesis Testing. Based on the results of the one sample t-test conducted using SPSS software in table 4.13, the value of sig (0.001) <0.05. Thus, it can be concluded that there is a significant difference in children's linguistic intelligence between the pre-test and the post-test. This shows that the influential chain game can improve children's linguistic intelligence.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: early childhood linguistic intelligence, chain whisper game kecerdasan linguistik anak usia dini, permainan bisik berantai.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: AFIFAH
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:53
Last Modified: 21 Jul 2022 07:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37416

Actions (login required)

View Item View Item