Riska, Iba Fadillah (2022) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN AMATI, TIRU, DAN MODIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS 10 IPA SMAN 8 SAROLANGUN. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (372kB) |
Abstract
ABSTRAK Riska, Iba Fadillah. 2022. Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Amati, Tiru,dan Modifikasi dengan Menggunakan Media Video Siswa Kelas 10 IPA SMAN 8 Sarolangun; Tesis, Jurusan Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Prof. H. Yundi Fitrah. Drs. M.Hum, Ph.D., (II) Dr. Drs. Maizar Karim, M.Hum. Kata kunci : Keterampilan membaca, puisi, model Amati, Tiru dan Modifikasi Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas 10 IPA SMA Negeri 8 Sarolangun Semester Genap Tahun Pelajaran 2022-2023 melalui model pembelajaran Amati, Tiru, dan Modifikasi menggunakan media video. Manfaat yang didapat dalam penelitian ini secara teoretis dapat mengembangkan ilmu pengetahuan bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca sastra pada puisi dengan model pembelajaran amati, tiru, dan modifikasi. Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes keterampilan membaca puisi peserta didik, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji validitas data diperoleh melalui teknik triangulasi dengan menyediakan data asli berupa catatan lapangan, transkrip wawancara, lembar observasi, lembar penilaian keterampilan membaca puisi, dan foto kegiatan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase ketercapaian indikator keterampilan membaca puisi yang mengalami peningkatan pada setiap siklus. Kemampuan rata-rata peserta didik dalam berdiskusi sebelum implementasi tindakan berkategori kurang. Setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata peserta didik dalam membaca puisi menjadi berkategori baik sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan dalam membaca puisi. Terbukti pada saat tindakan siklus I dengan skor rata-rata 6,72, dan pada akhir pelaksanaan tindakan yakni siklus II memperoleh skor rata-rata 8,48. Dengan demikian, keterampilan peserta didik dalam membaca puisi mengalami peningkatan sebesar 1,76. Simpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu keterampilan siswa membaca puisi pada proses pembelajaran kegiatan prasiklus mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 4,55% (kurang), dan nilai rata-rata yang didapatkan pada siklus I mencapai 6,72% (kurang), sementara nilai rata-rata yang didapatkan pada siklus II mencapai 8,48% (cukup baik), nilai rata-rata tersebut sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75%. Pembelajaran dengan menggunakan model amati, tiru, dan modifikasi hendaknya dapat diterapkan bagi guru bahasa Indonesia untuk melaksanakan pembelajaran keterampilan membaca khususnya membaca puisi karena telah terbukti mampu mengubah motivasi, perilaku, dan karakter siswa kearah positif serta terbukti mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk mempraktikkan pembacaan puisi di depan kelas, sehingga keterampilan siswa membaca puisi meningkat dan mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran bahasa Indonesia.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan membaca, puisi, model Amati, Tiru dan Modifikasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Riska |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:14 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |