UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI KELAS III SDN 84/IX KASANG LOPAK ALAI

Audinata, Melpina (2022) UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI KELAS III SDN 84/IX KASANG LOPAK ALAI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI MELPINA AUDINATA A1D118151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN MA.pdf

Download (9kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Audinata, Melpina 2021/2022. Upaya Guru dalam mengatasi Kesulitan Belajar siswa kelas III di SDN 84/IX Kasang Lopak Alai: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Upaya mengatasi Kesulitan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi belajar siswa di kelas III SDN 84/IX Kasang Lopak Alai. Dengan rumusan masalah: Bagaimana upaya guru dalam mengatasi belajar siswa di kelas III SDN 84/IX Kasang Lopak Alai? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 84/IX Kasang Lopak Alai. Data yang diperlukan berupa teks deskripsi mengenai upaya guru dalam mengatasi belajar siswa di kelas III SDN 84/IX Kasang Lopak Alai, yang dikumpulkan dengan metode wawancara serta observasi secara mendalam dari sumber data yaitu guru kelas III SDN 84/IX Kasang Lopak Alai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa siswa kelas III mengalami kesulitan belajar diantaranya peserta didik kurang berkonsentrasi saat pelajaran, peserta didik juga mengalami cepat bosan, mudah lupa, bahkan kurangnya percaya diri yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Upaya yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu identifikasi dengan malakukan pengamatan secara langsung, diagnosis dimana guru mengumpulkan data untuk mengetahui jenis masalah, prognosis dimana guru merencanakan bentuk-bentuk bantuan yang akan diberikan kepada peserta didik, dan terakhir guru memberikan bantuan dengan melakukan pengecekan kembali dan melihat sejauh mana keberhasilan yang dicapai dalam mengatasi kesulitan belajar. Upaya itu diharapakan agar guru dapat memberikan motivasi serta perhatian kepada siswa agar bersemangat dalam belajar. Guru juga memberikan dorongan dan motivasi kepada peserta didik yang telah direncanakan agar perserta didik mampu menerima dan menyerap pelajaran. Hambatan pada peserta didik kemungkinan ada faktor internal dan eksternal yang menyebabkan adanya kesulitan belajar pada siswa, karena adanya hambatan tersebut membuat peserta didik mengalami kesulitan belajar tersebut.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, kesulitan belajar, upaya mengatasi kesulitan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: AUDINATA
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:39
Last Modified: 14 Sep 2022 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39196

Actions (login required)

View Item View Item