Hanafi, Mahdiyyah Daeng (2022) Analisis Variabel TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) Guru SMA Se-Kecamatan Rimbo Tengah Bungo. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (404kB) |
Abstract
Guru pada abad 21 dituntut mampu memiliki kemampuan dalam memanfaatkan TIK didalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antar variabel TPACK yaitu, pengaruh TK terhadap TPK, pengaruh TK terhadap TCK, pengaruh TK terhadap TPACK, pengaruh CK terhadap PCK, pengaruh CK terhadap TCK, pengaruh CK terhadap TPACK, pengaruh PK terhadap TPK, pengaruh PK terhadap PCK, pengaruh PK terhadap TPACK, pengaruh TPK terhadap TPACK, pengaruh TCK terhadap TPACK, dan pengaruh PCK terhadap TPACK. Penelitian dilakukan di SMA Se-Kecamatan Rimbo Tengah Bungo pada Juli�Agustus 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada guru. Kuesioner penelitian terdiri dari 20 item, yaitu komponen TK (Technological Knowledge) terdiri dari 3 item, CK (Content Knowledge) terdiri dari 3 item, PK (Pedagogical Knowledge) terdiri dari 4 item, TCK (Technological Content Knowledge) terdiri dari 2 item, PCK (Pedagogical Content Knowledge) terdiri dari 2 item, TPK (Technological Pedagogical Knowledge) terdiri dari 1 item, dan TPACK(Technological Pedagogical and Content) terdiri dari 5 item. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS dengan melihat nilai R square dan nilai koefisien jalur. Hasil penelitian menunjukkan, 9 hubungan variabel memiliki pengaruh signifikan, sedangkan 3 hubungan variabel tidak berpengaruh signifikan yaitu variabel CK terhadap TCK, variabel CK terhadap TPACK, dan variabel PK terhadap TPK. Artinya pengetahuan konten dan pedagogi tidak signifikan mempengaruhi kemampuan TCK, TPK dan TPACK. Dari 12 variabel terdapat 9 variabel yang memiliki pengaruh signifikan dan 3variabel tidak berpengaruh signifikan. Dari penelitian diharapkan kompetensi TPACK guru bisa lebih baik lagi terutama di pengetahuan teknologi, karena kemampuan TPACK guru sangat dipengaruhi oleh pengetahuan teknologi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Kompetensi TPACK, Integrasi Teknologi, Pengetahuan Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | HANAFI |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 07:39 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 07:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |