PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MEMFASILITASI SELF REGULATED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMPN 6 MUARO JAMBI

REFIANSYAH, NANDA PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MEMFASILITASI SELF REGULATED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMPN 6 MUARO JAMBI. ABSTRAK Penelitian ini hanya pada penggunaan model problem based learning (PBL). menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas eksprimen dan kelas kontrol.Faktor kemampuan slef regulated learning siswa yaitu kemandirian merupakan salah satu aspek kepribadian y.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
SKRIPSI NANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
lembaran persetujuan pembimbing.pdf

Download (66kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini hanya pada penggunaan model problem based learning (PBL). menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas eksprimen dan kelas kontrol.Faktor kemampuan slef regulated learning siswa yaitu kemandirian merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting bagi individu dalam pembelajaran.sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dalam tingkat self regulated learning siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning dalam penyelesian masalah matematis yang memfasilitasi Slef Regulated Learning. instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar observasi dan angket. Tes kemampuan pemecahan masalah matematis didapatkan melalui posttest, lembar observasi berupa lembar observasi keterlaksanaan guru dan siswa dimana yang sebagai observer dalam penelitian ini adalah guru matematika siswa di sekolah tersebut dan angket digunakan untuk melihat tingkat self regulated learning (kemandirian belajar) siswa setelah proses pembelajaran. Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dalam memfasilitasi self regulated learning siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel Kelas VIII SMP Negeri 6 Muaro Jambi. Dimana diketahui dalam penelitian ini rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika dalam memfasilitasi self regulated learning siswa yang diterapkan dengan model problem based learning adalah 75,119 dan rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika dalam memfasilitasi self regulated learning siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran langsung adalah 69,881. Dari hasil uji hipotesis diperoleh -2,002 ≤

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Refiansyah
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:16
Last Modified: 22 Dec 2022 04:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42999

Actions (login required)

View Item View Item