Amanah, Resti (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra.
![]() |
Text
RESTI AMANAH_A1B118092_SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
RESTI AMANAH_A1B118092_COVER.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
RESTI AMANAH_A1B118092_HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (932kB) |
![]() |
Text
RESTI AMANAH_A1B118092_ABSTRAK.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
RESTI AMANAH_A1B118092_BAB I.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
RESTI AMANAH_A1B118092_BAB V.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
RESTI AMANAH_A1B118092_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
Abstract
ABSTRAK Amanah, Resti. 2022. Penerapan Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII B di SMP Negeri 22 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Herman Budiyono, M. Pd. (II) Drs. Agus Setyonegoro, M. Pd. Kata Kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, pembelajaran kuantum Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Kota Jambi tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dengan dua siklus. Teknik penelitian yang digunakan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi foto, dan tes. Subjek penelitiannya adalah kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Kota Jambi tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Variabel yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah proses belajar dan hasil belajar menulis teks deskripsi dengan menggunakan Pembelajaran Kuantum. Tahapan penerapan Pembelajaran Kuantum yang dilakukan saat pembelajaran terdiri dari tanamkan, alami, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan atau dikenal dengan singkatan TANDUR yang kemudian dilanjutkan dengan tahap menulis teks deskripsi sesuai dengan struktur penulisan teks deskripsi. Penerapan Pembelajaran Kuantum menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses dan kualitas hasil belajar pada materi teks deskripsi. Pembelajaran Kuantum memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran dengan keadaan dan suasana nyaman dan menyenangkan sehingga siswa lebih bebas menerima informasi dan menemukan pengalaman baru dalam belajar. Peningkatan dapat diketahui melalui tahapan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pra tindakan 33,75, siklus I mencapai 50,2. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 70,2. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 22 Kota Jambi. v
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, teks deskripsi, pembelajaran kuantum |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | AMANAH |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 07:28 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 07:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |