PERSEPSI STAF PENGAJAR FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION TAHUN 2022

Fauziah, Hanina (2022) PERSEPSI STAF PENGAJAR FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Sistem kesehatan saat ini mengalami kesulitan untuk memenuhi tingkat mutu pelayanan kesehatan akibat kurangnya komunikasi antar profesi dan praktik kolaboratif yang tidak efektif. Untuk menghadapi kesulitan tersebut, diperlukan kolaborasi efektif antar tenaga kesehatan yang dapat ditanamkan melalui Interprofessional Education (IPE). Tujuan umum dari penelitian ini yaitu mengetahui persepsi staf pengajar Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi terhadap IPE. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan cross-sectional. Data diambil menggunakan kuesioner Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS). Sampel penelitian dipilih secara total sampling dengan populasi staf pengajar Program Studi Kedokteran dan Keperawatan FKIK Universitas Jambi tahun 2022. Hasil: Dari 41 responden (staf pengajar Program Studi Kedokteran dan Keperawatan), sebagian besar (92.7%) memiliki persepsi yang baik terhadap IPE, dengan subskala kompetensi dan otonomi (92.7%), kebutuhan untuk bekerja sama (85.4%), bekerja sama yang sesungguhnya (92.7%), dan pemahaman terhadap profesi lain (80.5%). Kesimpulan: Sebagian besar staf pengajar Program Studi Kedokteran dan Keperawatan FKIK Universitas Jambi memiliki persepsi yang baik terhadap IPE. Kata Kunci: Persepsi, staf pengajar, Interprofessional Education, kuesioner IEPS, subskala.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Fauziah
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:52
Last Modified: 06 Jan 2023 07:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43732

Actions (login required)

View Item View Item