EMILIZOLA, DEFRINA (2022) IDENTIFIKASI PEMBIASAAN CUCI TANGAN YANG BENAR PADA SISWA TK KAJANG LAKO KECAMATAN MANDIANGIN KABUPATEN SAROLANGUN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI DEFRINA EMILIZOLA A1F117012.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (160kB) |
Abstract
ABSTRAK Emilizola, D. 2022. “Identifikasi Pembiasaan Cuci Tangan Yang Benar Pada Siswa TK Kajang Lako Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Indryani, S.Pd. M.Pd. I Pembimbing II Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si Kata Kunci: Pembiasaan Cuci Tangan Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan peneliti pada anak TK Kajang Lako kecamatan Mandiangin kabupaten Sarolangun ini sudah mulai diajarkan kepada anak-anak untuk mencuci tangan dengan baik namun ada beberapa hal yang belum diperhatikan guru yaitu mengajarkan kepada anak cara mencuci tangan dengan benar memakai sabun dan menggunakan air yang mengalir. Disaat guru mengajarkan kepada anak-anak tentang mencuci tangan dengan benar, anak-anak kurang tertariknya dengan penjelasan guru.Sedangkan di masa Pandemi seperti sekarang protokol kesehatan di sekolah harus diperhatikan dan dilaksanakan dengan ketat. Salah satunya mencuci tangan adalah cara untuk memutuskan rantai penularan virus covid-19. Berdasarkan hal ini, peneliti ingin melihat bagaimana cara guru dalam mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada anak TK Kajang Lako. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja upaya-upaya guru pada Pembiasaan Cuci Tangan yang Benar Pada Siswa TK Kajang Lako Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek di dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah berjumlah 3 orang dan siswa yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan hasil dan pengolahan data, Anak mampu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di luar ruangan sebanyak 21 anak, anak mampu mencuci tangan disaat sebelum dan setelah makan sebanyak 24 anak, selain itu anak mampu mencuci tangan dengan air bersih menggunakan sabun secukupnya sebanyak 23 anak. Anak mencuci tangan menggunakan air bersih, selain untuk kesehatan juga membiasakan anak untuk hidup bersih, sekolah memang telah menyediakan sarana kebersihan salah satunya peralatan mencuci tangan dan selalu menggunakan air bersih, anak mencuci tangan menggunakan sabun, walaupun masih ada siswa yang hanya membasuh tangan saja menggunakan air. anak mencuci tangan menggunakan sabun.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan, Cuci Tangan, Pembiasaan Cuci Tangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | EMILIZOLA |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 02:47 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 02:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |