Soviana, Aulia (2022) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK PERTIWI II KOTA JAMBI. S1 thesis, PG PAUD.
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (293kB) |
Abstract
ABSTRAK Soviana, Aulia (2022). Identifikasi Kemampuan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran di TK Pertiwi II Kota Jambi.. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikn Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., (2) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I, M.Pd.I. Kata Kunci: Perilaku Prososial, Metode Bermain Peran, TK Pertiwi II Kota Jambi Perilaku prososial adalah suatu tindakan perilaku sukarela yang ditunjukkan untuk membantu orang lain. Kemampuan ini memiliki peran penting dalam diri anak agar anak dapat hidup bersosial dengan baik, karena perkembangan pada masa awal ini akan menjadi penentu perkembangan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain peran di TK Pertiwi II Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi II Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan, bahwa kemampuan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain peran di TK Pertiwi II Kota Jambi sudah terlihat. Dari 9 indikator kemampuan perilaku prososial 6 indikator sudah berkembang baik yaitu: Bermain dengan teman sebaya, berbagi dengan orang lain, menghargai karya orang lain dan menunjukan sikap toleran sudah berkembang sesuai harapan (BSH). Bersikap kooperatif dengan teman dan mengenal tata karma, sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat sudah berkembang sangat baik (BSB). Pada indikator mengetahui perasaan temanya dan mesepon secara wajar, menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah, mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada mulai berkembang (MB).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Soviana |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:52 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |