Habibah, Luthvi Anisa (2022) Keterampilan Mengenal Huruf Alphabet Melalui Media Puzzle Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. S1 thesis, PG-PAUD.
![]() |
Text
SKRIPSI LUTHVI ANISA HABIBAH.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER-1.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN B.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) |
Abstract
Habibah, Anisa, Luthvi. 2022. Keterampilan Mengenal Huruf Alphabet Melalui Media Puzzle Huruf Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi : Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I., (2) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata Kunci : Mengenal Huruf Alphabet, Puzzle Huruf Penelitian ini saya mengambil lokasi penelitian di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi, latar belakang peneliti ini penting untuk diteliti, dikarenakan terlihat bahwa dalam pembelajaran mengenal keaksaraan yaitu mengenal huruf guru menggunakan media, media adalah alat yang menghubungkan yang berkaitan dengan pembelajaran. Jadi guru di dalam mengenalkan huruf didalam pembelajaran menggunakan media puzzle huruf dalam mencapai tujuan dari keaksaraan yaitu mengenal huruf alphabet. Didalam pelaksanaan pembelajaran di kelas B3 terdapat 7 anak mengalami masalah dalam mengenal huruf alphabet. Masalah-masalah yang terjadi pada anak yaitu, 1) kurangnya minat belajar dalam mengenal huruf alfabet. 2) Kurangnya pemahaman anak terhadap huruf alphabet, anak mengalami kesulitan membedakan huruf atau anak menulis huruf terbalik/tertukar. 3) Kurangnya pemahaman anak terhadap huruf besar dan huruf kecil alphabet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan mengenal huruf alphabet melalui media puzzle huruf di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, jumlah anak dalam penelitian ini adalah 19 orang anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang melibatkan guru yang mengajar, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, data ini dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini keterampilan mengenal huruf alphabet ditanamkan sejak dini pada anak. Guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran sebelum proses belajar mengajar. Sekolah TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi guru mengembangkan keterampilan mengenal huruf alphabet dengan menggunakan media puzzle huruf untuk anak memahami bunyi dan bentuk huruf. Penerapan dengan menggunakan media puzzle sudah dilaksanakan dan berjalan dengan baik. Anak di TK Negeri Pembina 2 telah bisa menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal dan bentuk huruf, pertemuan selanjutnya anak telah bisa mengenal huruf alphabet dengan stimlasi oleh guru. Maka keterampilan mengenal huruf alphabet dapat berkembang sesuai tingkat perkembangannya. Dalam penggunaan media puzzle huruf ini telah diterapkan oleh guru di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan keterampilan mengenal huruf alphabet anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | HABIBAH |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |