Silitonga, Frianti (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan yg ada ttd.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
Skripsi Lengkap Rianty.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan yang ada ttd.pdf Download (160kB) |
Abstract
ABSTRAK Silitonga, Frianti. 2022. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si., (II) Dr. Dra. Mujahidawati. M.Si. Kata Kunci: Blended Learning, Hasil Belajar Pembelajaran pada penelitian dilakukan secara daring dan luring. Namun jika dikatakan pembelajaran daring telah dilakukkan sejak Covid-19. Berdasarkan observasi awal, siswa mengalami penurunan hasil belajar selama pembelajaran daring. Siswa cenderung pasif bertanya, merespon guru dan sering mengalami keterlambatan pengumpulan tugas, sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar. Penurunan hasil belajar diperlukanlah suatu modul yang dapat mengkombinasikan pembelajaran daring dan luring. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian pengembangan modul pembelajaran berbasis model Blended Learning apakah bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bentuk Aljabar di kelas VII SMP. Penelitian memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam memahami materi bentuk aljabar. Penelitian dilakukan di SMPS Nommensen Jambi pada bulan September 2022. Data penelitian diperoleh dari hasil rerata skor Pre-Test, Post-Test dan Tes akhir kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang peneliti buat mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP. Hasil Pre-Test dan Post-Test mendapatkan nilai rerata skor 1,62 dengan peningkatan 3,81. Tes akhir kemampuan siswa terhadap hasil belajar menggunakan 2 soal dan mendapatkan nilai rerata skor 3,82, dari tes akhir yang diberikan kepada siswa mendapatkan kategori efektif. Hasil rata-rata skor dalam kategori 3,26 ≤
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SILITONGA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 08:29 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 08:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |