PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN M-LEARNING BERILUSTRASI TEKA-TEKI SILANG BERBANTUAN GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP

INDRI, SILFIANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN M-LEARNING BERILUSTRASI TEKA-TEKI SILANG BERBANTUAN GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
A1C219049 SKRIPSI SILFIANI INDRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB v.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VII E di SMP Negeri 7 Muaro Jambi, diketahui bahwa persentase motivasi belajar siswa sebesar 0,54 atau 54% yang tergolong kedalam tingkatan motivasi belajar yang rendah. Diperlukan media pembelajaran yang lebih menarik guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran M-Learning berilustrasi teka-teki silang berbantuan Google Site untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP dan mendeskripsikan kelayakan media ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE, yang meliputi tahapan analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas media pembelajaran M-Learning, untuk aspek validasi M-Learning terkategori valid sebesar 75%. Untuk angket kepraktisan, angket respon guru diperoleh 91,67% kriteria sangat praktis dan angket respon 9 siswa 90,40% dengan kriteria sangat praktis. Untuk aspek keefektifan dilihat dari hasil tes belajar dimana seluruh siswa tuntas atau memenuhi KKM, angket respon motivasi belajar siswa sebesar 90,2% kriteria sangat efektif. Serta nilai N-Gain sebesar 0,76 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar kategori tinggi, sehingga M-Learning efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, M-Learning, Google Site, Teka-teki silang, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: INDRI
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:12
Last Modified: 20 Feb 2023 04:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45209

Actions (login required)

View Item View Item