Wahyuni, Tamara Putri (2023) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 23/III KOTO TUO. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
full tesis tamara.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (175kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (94kB) |
![]() |
Text
CamScanner 03-11-2023 10.53.pdf - Published Version Download (298kB) |
![]() |
Text
halaman judul cover tamara.pdf - Published Version Download (99kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (88kB) |
Abstract
Model Pembelajaran Role Playing atau bermain peran artinya pembelajaran dengan bermain peran atau bertingkah laku dalam hubungan sosial dengan peserta didik diikutsertakan dalam memainkan peran dalam proses pembelajaran. Bermain peran adalah cara pembelajaran yang membimbing peserta didik untuk melakukan kegiatan memainkan peranan tertentu seperti yang terdapat dalam kehidupan masyarakat. Bermain peran (Role Playing) merupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk secara aktif dalam proses pembelajaran dengan memerankan suatu drama yang ada dalam kehidupan masyarakat dan berkaitan dengan materi yang dipelajari. Motivas akan selalu terkait dengan persoalan kebutuhan dan keinginan. Motivasi belajar adalah kecenderungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat segala sesuatu secara terus menerus yang mana dapat memperbaiki keaktifan peserta didik sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar menjadi baik. Penelitian ini menerapkan penelitian pembelajaran dengan menggunakan Metode Role Playing pada pembelajaran matematika peserta didik kelas V SDN 23/III Koto Tuo. Secara umum masalah yang akan di identifikasi dalam pembelajaran matematika peserta didik kelas VI SDN 23/III Koto Tuo yakni guru menggunakan metode ceramah dan penugasan namun peserta didik tidak memahami pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak aktif. kesempatan untuk peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran kurang dan motivasi pembelajaran menjadi berkurang sehingga guru tertarik untuk menggunakan metode role playing agar dapat meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang penggunaan model role playing yang digunakan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin tentang manfaat metode role playing pada pembelajaran matematika di kelas V SDN 23/III Koto Tuo. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 23/III yang terdiri dari 11 peserta didik, guru kelas V, guru kelas IV dan guru kelas IV. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan dengan wawancara, dan observasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model role playing dilakukan dengan pertama guru mengatur sketsa pembelajaran, diskusi, evaluasi dan menyimpulkan pembelajaran. Proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan sistematis. pembelajaran dengan guru menggunakan Model Role Playing dalam pembelajaran matematika dikelas peserta didik menjadi mudah memahami pembelajaran dan yang awalnya tidak suka matematika menjadi mengerti dengan apa yang dijalaskan guru. peserta didik dapat mudah mempelajari matematika di kelas V dan dapat aktif dalam pembelajar, sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan. Faktor yang menyebabkan peserta didik sulit dalam memahami matematika adalah kebosan dan media yang digunakan guru tidak imajinatif namun dengan adanya penggunaan metode role playing ini peserta didik lebih mudah memahami pembelajaran matematika. Diharapkan dengan penggunaan model role playing ini guru dapat membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika dapat menjadi mudah dalam memahami materi matematika sehingga peserta didik dapat memahami materi pembelajaran matematika dengan baik dan benar sehingga dapat mendapatkan hasil belajar yang baik. Kata Kunci : model role playing, pembelajaran matematik
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model role playing, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Depositing User: | Tamara Putri Wahyuni |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 01:28 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 01:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |