Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Radec Pada Pelajaran IPAS Kelas IV A SDN 134/II Purwasari

Safira, Dinda Yulia (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Radec Pada Pelajaran IPAS Kelas IV A SDN 134/II Purwasari. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN 134/II Purwasari menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV A dari 28 siswa terdapat 21 siswa yang masih dibawah KKM, masih banyak siswa yang kurang memahami materi pembelajaran, maka dari itu guru memerlukan suatu model pembelajaran yang bisa meningkatkan pemahaman peserta didik sehingga bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui apakah model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV A semester I SDN 134/II Purwasari. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan 2 siklus dengan prosedur penelitian yakni kegiatan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi terhadap tindakan. Jenis data yang digunakan yakni data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes hasil belajar di setiap siklus dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrument penelitian berupa instrument observasi aktivitas guru dan lembar tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mengguakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dengan persentase peningkatan dari pra siklus sebanyak 25% siswa yang lulus KKM, pada siklus I naik menjadi 53.6% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 92,8% pada pelajaran IPAS kelas IV A SDN 134/II Purwasari Kata Kunci : Hasil Belajar IPAS, RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create)

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kelas IV A SDN 134/II Purwasari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Dinda Yulia Safira
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:45
Last Modified: 14 Mar 2023 02:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45833

Actions (login required)

View Item View Item