PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KAIDAH BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI

Ningtias, Adilia (2023) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KAIDAH BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Bahasa Arab.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (223kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh latar belakang pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah Kaidah Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini berada di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2020 Universitas Jambi, dengan respondennya yaitu mahasiswa kelas Ganjil/R.001 dan Genap/R.002 yang berjumlah 39 orang dan responden yang kembali berjumlah 31 responden. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Besarnya pengaruh latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar diperoleh nilai t hitung sebesar 0,686 dengan nilai signifikansi sebesar 0,498 (0,498 > 0,05), latar belakang pendidikan memberikan sumbangan efektif sebesar 2,079% dan koefisien regresi mempunyai nilai negatif sebesar -0,138, yang artinya latar belakang pendidikan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah Kaidah Bahasa Arab. (b) Besarnya pengaruh motivasi belajar diperoleh nilai t hitung sebesar 4,624 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), motivasi belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 43,6% dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,433, yang artinya motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah Kaidah Bahasa Arab. (c) Berdasarkan uji Simultan (F) diperoleh nilai F hitung sebesar 11,798 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena itu nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), berdasarkan koefisien determinasi, sumbangan pengaruh dari variabel independen yaitu 45,7%,maka penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa latar belakang pendidikan dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mata kuliah Kaidah Bahasa Arab.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: NINGTIAS
Date Deposited: 20 Mar 2023 02:54
Last Modified: 20 Mar 2023 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46234

Actions (login required)

View Item View Item