Rifai, Aldi (2023) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
pengesahan dan persetujuan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full Aldi Rifai.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Arab. berdasarkan fakta dilapangan menunjukkan bahwa beberapa siswa yang mengalami kesuliatan belajar bahasa Arab dikarenakan kurangnya minat belajar dan antusias mereka terhadap mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini berada di Sekolah Menengah Atas Islam Al-Falah Jambi, dengan jumlah populasi yaitu 136 siswa yang meliputi siswa kelas XI dan responden yang digunakan yaitu berjumlah 101 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Besarnya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah 0,094 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 maka didapatkan nilai Sig. 0,094 < 0,05 sehingga tolak Ho yang berarti minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Al-Falah Jambi. (b) Besarnya pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah 0,073 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 maka didapatkan nilai Sig. 0,073 < 0,05 sehingga tolak Ho yang berarti minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Al-Falah Jambi. (c) Besarnya pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Arab yaitu sebesar nilai Fhitung = adalah sebesar 2,374 dan dengan taraf signifikansi sebesar 0,098. Dan dapat diketahui bahwa Ftable = (1; N-2) sehingga (1; 99) dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Ftabel = 3,15. Sehingga dapat disimpulkan Fhitung > Ftabel maka tolak Ho dan taraf signifikansi 0,098 < 0,05 sehingga di dalam penelitian ini minat belajar dan kebiasaan belajar siswa berpengaruh secara signifikansi terhadap prestasi belajar bahasa Arab.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Bahasa Arab. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | RIFAI |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 06:55 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 06:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |