ARSITA, ARSITA (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ARSITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan pengaruh penerapan model pembelajaran TPS berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di MA Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) dengan bentuk penelitian eksperimen semu dengan jenis Pretest Posttest Nonequivalent Kontrol Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Instrumen peneltian berupa lembar observasi penerapan model pembelajaran TPS berbantuan multimedia interaktif oleh guru dan peserta didik, lembar observasi kemampuan berpikir kritis peserta didik dan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan nilai rata-rata dua kelas berbantuan multimedia interaktif dari kelas TPS yaitu 84,59 dan dikelas inkuiri 65,78. Dengan diperoleh nilai uji N-gain pada kelas TPS sebesar 0,77 dengan kategori efektif dan pada kelas inkuiri sebesar 0,36 dengan kategori tidak efektif. Hasil uji normalitas dari kelas yang menggunakan model TPS dan Inkuiri berbantuan multimedia interaktif data berdistribusi secara normal yang ditandai dengan nilai sig > 0,05. Pelaksanaan model TPS berbantuan multimedia interaktif mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis (dengan uji t-independen = 0,000 maka Ha diterima) pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA MA Laboratorium Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS berbantuan multimedia interaktif lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA 1 MA Laboratorium Kota Jambi. Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), Berbantuan Multimedia Interaktif, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share (TPS), Berbantuan Multimedia Interaktif, Kemampuan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ARSITA |
Date Deposited: | 09 May 2023 04:01 |
Last Modified: | 09 May 2023 04:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |