Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran CPS Tipe Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Asam Basa

Triana Rezky, Indah (2023) Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran CPS Tipe Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Asam Basa. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (484kB)
[img] Text
A1C119025_Indah Triana Rezky_SKRIPSI FIX 2_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta respon siswa dari pelaksanaan model pembelajaran CPS Tipe Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan bentuk penelitian eksperimen semu dengan jenis Pretest Posttest Nonequivalent Kontrol Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yaitu kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran CPS Tipe Treffinger oleh guru dan siswa, lembar observasi kemampuan berpikir kreatif siswa, soal tes esai kemampuan berpikir kreatif siswa dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pelaksanaan model pembelajaran CPS Tipe Treffinger memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest yaitu 49,76% - 69,88% di kelas kontrol dengan selisih kenaikan 20,28%, sedangkan di kelas eksperimen mendapatkan hasil 52,92% - 79,25% dengan selisih kenaikan 26,33%. Jika ditinjau dari hasil per indikator kemampuan berpikir kreatif pada kelas kontrol - eksperimen berturut-turut yaitu yang pertama sensitivity 73,9 - 66,7%, fluency 95,7% - 90,0%, flexibility 94,2% - 87,5%, originality 75,2% - 64,8%, dan elaborate 65,2% - 52,1%. Serta untuk analisis dari data respon siswa keseluruhan didapatkan 83,84% dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakaan model pembelajaran CPS Tipe Treffinger memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa di SMA PGRI 2 Kota Jambi, yang ditunjukkan dengan uji t-pihak kanan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,5699 > 1,6794 maka H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas yang menggunakan model CPS Tipe Treffinger dan model Inkuiri (Inquiry). Kata Kunci : CPS Tipe Treffinger, Kemampuan Berpikir Kreatif, Asam Basa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CPS Tipe Treffinger, Kemampuan Berpikir Kreatif, Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: REZKY
Date Deposited: 09 May 2023 03:55
Last Modified: 09 May 2023 03:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47607

Actions (login required)

View Item View Item