Dwi Aprita, Orca (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Karyawisata Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hasanah Lolo Kecil Kecamatan Bukit Kerman. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK ORCA.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB I Orca Dwi OK.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB V orca.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
JUDUL PROPOSAL.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA ORCA.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
Fix skripsi orca terakhir.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PENGESAHAN ORCA.pdf Download (277kB) |
Abstract
Karyawisata merupakan salah satu metode yang melaksanakan kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD dengan cara mengamati dunia sesuai kenyataan yang ada secara langsung, yang meliputi manusia, hewan, tumbuhan, dan benda-benda lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran karyawisata terhadap kemampuan sains pada anak usia 5- 6 Tahun di TK Hasanah Lolo Kecil Kecamatan Bukit Kerman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini termasuk Pre- Eksperimental Design. Populasi penelitian ini berjumlah 12 anak, sampel penelitian ini berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis pada pre test dan post test diperoleh harga thitung sebesar 6,02427 bila dibandingkan dengan ttabel 1.7959 maka t hitung > t tabel , hal ini berarti menunjukkan terdapat pengaruh metode pembelajaran karyawisata terhadap kemampuan sains pada anak usia 5-6 tahun di TK Hasanah Lolo Kecil Kecamatan Bukit Kerman. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh metode pembelajaran karyawisata terhadap kemampuan sains pada anak usia 5-6 tahun di TK Hasanah Lolo Kecil Kecamatan Bukit Kerman dengan besaran T hitung (6,02427) yang lebih besar dari T tabel (1,7959). Kata kunci: Pengaruh metode pembelajaran karyawisata, kemampuan sains anak. Abstract The effect of field trip learning methods on science skills in children aged 5-6 years at Hasanah Lolo Kecil Kindergarten, Bukit Kerman District Field trips are a method of carrying out learning activities in PAUD institutions by directly observing the world according to reality, which includes humans, animals, plants, and other objects. The purpose of this study was to determine the effect of the field trip learning method on science abilities in children aged 5-6 years at Hasanah Lolo Kecil Kindergarten, Bukit Kerman District. This research is a type of quantitative research using experimental methods. This research includes Pre-Experimental Design. The population of this research is 12 children, the sample of this research is 12 children. The sample collection technique uses the Nonprobability sampling technique. Data collection techniques in this study used observation. Data analysis used in this research is t-test, homogeneity test, normality test, hypothesis test. Based on the results of the analysis on the pre-test and post-test, the value of t is 6.02427 when compared to t-table 1.7959, so t > t, this means that there is an influence of the field trip learning method on science abilities in children aged 5-6 years in Hasanah Lolo Kecil Kindergarten Bukit Kerman District. The conclusion of this study is that there is an influence of the field trip learning method on science abilities in children aged 5-6 years at Hasanah Lolo Kecil Kindergarten, Bukit Kerman District with the magnitude of T count (6.02427) which is greater than T table (1.7959). Keywords: The influence of field trip learning methods, children's science abilities.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Aprita |
Date Deposited: | 11 May 2023 02:11 |
Last Modified: | 11 May 2023 02:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |