RINDIANI, RINDIANI (2023) Penerapan model problem based learning berbantuan media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang di sekolah dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
persetujuan.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
COVER DEPAN.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
RINDIANI_A1D119098_ SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
Abstract
Rindiani. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang di Kelas VI Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen pembimbing ( I ) Dr. Yantoro, M.Pd., ( II ) Andi Gusmaulia Eka Putri, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar, Model problem based learning, Puzzle, Bangun ruang Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang melalui penerapan model Problem based learning berbantuan media Puzzle pada siswa kelas VI SDN 78/I Teluk Ketapang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingka data penelitian pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN 78/I Teluk Ketapang, yaitu dilihat pada hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 86% dan pada siklus II persentase keterlaksanaan pembelajaran 100%. Selanjutnya pada tes hasil belajar siswa dengan menggunakan lembar tes memperoleh hasil pada siklus I sebesar 72% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Sedangkan hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I sebesar 85% dan siklus II 95 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar yang dialami siswa disebabkan adanya pengalaman yang baru bagi siswa dalam proses pembelajaran yakni melalui penerapan model problem based learning berbantuan media puzzle siswa dilatih untuk bekerjasama dalam memecahkan suatu masalah yang membentuk pengembangan kemampuan siswa pada saat kegiatan belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RINDIANI |
Date Deposited: | 17 May 2023 07:24 |
Last Modified: | 17 May 2023 07:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |