PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

SITEPU, APRILLYANITA BR (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, PENDIDIKAN MATEMATIKA.

[img] Text
d. Abstrak.pdf

Download (201kB)
[img] Text
e. Bab 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
f. Bab Kesimpulan.pdf

Download (318kB)
[img] Text
g. Daftar Pustaka.pdf

Download (425kB)
[img] Text
c. Halaman persetujuan, halaman pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
a. Aprillyanita Br Sitepu Nim A1C219083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) menggunakan model project based learning untuk mendukung kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika dan siswa kelas VIII C SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi sehingga menghasilkan LKPD pembelajaran yang diharapkan bermanfaat dan dapat mendukung kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Dengan tingkat kualitas LKPD berdasarkan tiga kriteria, yaitu: valid, praktis, dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan LKPD 81,35% (Sangat Valid), 2) Persentase kepraktisan LKPD 83,35% (Sangat Praktis), 3) Persentase ketuntasan dari tes kemampuan berpikir kreatif matematis sebesar 80% maka LKPD dinyatakan efektif. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan bahan ajar dengan inovasi lain untuk menghasilkan bahan ajar yang baik, menarik, dan mendukung kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sitepu
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:52
Last Modified: 05 Jun 2023 01:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49333

Actions (login required)

View Item View Item