Rumahorbo, Nina Arista (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Larutan Penyangga terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIXX_NINA ARISTA RUMAHORBO_A1C119083.pdf Download (7MB) |
Abstract
Rumahorbo, Nina. Arista., 2023. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing I: Drs. Epinur, M.Si, Pembimbing II: Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. Kata Kunci : Larutan Penyangga, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Keterampilan proses sains adalah suatu keterampilan yang melibatkan seluruh kemampuan yang dimilki siswa seperti keterampilan intelektual, dan sosial yang didasarkan oleh metode ilmiah dan diciptakan oleh siswa itu sendiri. Dimana agar keterampilan itu tercipta maka diperlukan pembelajaran yang bermakna yang melibatkan 5M yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengaplikasikan. Studi pendahuluan menunjukkan keterampilan proses sains siswa khususnya pada mata pelajaran kimia di SMAN 1 Kota Jambi masih rendah, hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran di sekolah kurang melatih keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains yang masih rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa aktif menemukan sendiri dalam memperoleh pengetahuan baru dengan metode-metode ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi larutan penyangga terhadap keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan bentuk posttest only control design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar aktivitas penerapan model Think Pair Share oleh guru dan siswa, lembar observasi keterampilan proses sains, dan tes essay. Hasil penelitian pada uji hipotesis, menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel sehingga Ha diterima. Persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 70,03% dengan kategori baik dan tes keterampilan proses sains siswa sebesar 71,75% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi larutan penyangga terhadap keterampilan proses sains siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Larutan Penyangga, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rumahorbo |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:36 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |