PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM MEMANDIRIKAN BELAJAR ANAK YANG BERPRESTASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 USIA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN TALANG BANJAR KOTA JAMBI

Nurwansyah, Azi Dimas (2023) PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM MEMANDIRIKAN BELAJAR ANAK YANG BERPRESTASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 USIA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN TALANG BANJAR KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
Official URL: https://replsitory.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : Pendampingan Orang Tua Dalam Memandirikan Belajar Anak Yang Berprestasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Usia Sekolah Dasar Di Kelurahan Talang Banjar Kota Jambi Nama : Azi Dimas Nurwansyah NIM : A1E117048 Dosen Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.Pd Dosen Pembimbing II : Dr. Siti Amanah, S.Pd., M.Pd, Kons Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar sehari-hari masih dibawah kendali orangtua dan belum memiliki kesadaran otonom untuk belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri. Pada usia Sekolah Dasar ini orangtua sangat berperan penting dalam pendidikan anak. Peran orangtua dapat berdampak baik maupun buruk bagi anaknya tergantung bagaimana penyikapan orangtua dalam mendampingi anak. Pendampingan orangtua yang dimaksud merupakan bantuan dari orangtua untuk anaknya dalam menunjang keberhasilan belajar anak. Kemandirian belajar yang dimaksud adalah suatu kemampuan yang dimiliki anak dalam menunjang kegiatan belajar dan kemandirian dapat digunakan untuk mengolah pikiran dan emosional. Kemandirian belajar dapat ditimbulkan akibat adanya dorongan dan motivasi dari diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan bentuk kemandirian anak Sekolah Dasar dalam belajar dan bentuk pendampingan orangtua dalam memandirikan belajar anak. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini dipilih melalui teknik Snowball. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian diketahui yaitu pendampingan orangtua dalam kemandirian belajar anak terlihat beragam seperti: menyediakan fasilitas belajar anak, mengontrol waktu belajar anak dengan mengingatkan dan mengawasi waktu belajar dan bermain, menanyakan kesiapan tugas anak. Sedangkan kemandirian belajar anak dapat dilihat anak berusaha menyiapkan kebutuhan untuk belajar sendiri, paham akan waktu belajar dan bermain, menjadwalkan belajar sendiri, inisiatif mencari solusi serta yakin kemampuan dirinya meskipun begitu tetap memerlukan pendampingan dari orangtua karena membutuhkan bantuan, dukungan dan perhatian dari orangtua. Kata Kunci : Pendampingan Orangtua, Kemandirian Belajar ABSTRACT Thesis Title: Parental Assistance in Making Learning Independent for Children Who Achieved During the Covid-19 Pandemic During Elementary School Age in Talang Banjar Village, Jambi City Name : Azi Dimas Nurwansyah NIM : A1E117048 Supervisor I : Drs. Rasimin, M.Pd Advisor II : Dr. Siti Amanah, S.Pd., M.Pd, Kons The background of this research is that daily learning activities are still under parental control and do not yet have autonomous awareness to learn and do assignments independently. At this elementary school age, parents play an important role in children's education. The role of parents can have a good or bad impact on their children depending on how the attitude of parents in accompanying children. Parental assistance in question is assistance from parents for their children in supporting the success of children's learning. Learning independence in question is an ability that children have in supporting learning activities and independence can be used to process thoughts and emotions. Learning independence can be caused by encouragement and motivation from oneself and others. This study aims to reveal and describe the form of independence of elementary school children in learning and the form of parental assistance in making children's learning independent. The type of research used by researchers is qualitative research using the case study method. Subjects in this study were selected through the Snowball technique. Data collection tools using observation, interviews and documentation. Data analysis techniques using data reduction, data presentation and inference. The results of the study show that parental assistance in children's learning independence looks diverse, such as: providing children's learning facilities, controlling children's study time by reminding and supervising study and play time, asking children's task readiness. Meanwhile, children's learning independence can be seen by children trying to prepare for their own learning needs, understanding learning and playing time, scheduling their own learning, taking initiatives to find solutions and being confident in their own abilities, although they still need assistance from parents because they need help, support and attention from parents. Keywords: Parent Assistance, Learning Independence

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Orangtua, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: NURWANSYAH
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:50
Last Modified: 13 Jun 2023 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50004

Actions (login required)

View Item View Item