Pengembangan Media Video Pembelajaran Baerbasis Entrepreneurship pada Materi Pencemaran Lingkungan dan Penerapannya dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP

Utami, Reza Elsinta and Johari, Asni and Anggereini, Evita (2023) Pengembangan Media Video Pembelajaran Baerbasis Entrepreneurship pada Materi Pencemaran Lingkungan dan Penerapannya dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.

[img] Text
TESIS Reza Elsinta Utami (P2A519013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (41kB)

Abstract

Utami, R. E. 2023. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship pada Materi Pencemaran Lingkungan dan Penerapannya dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Prof. Dr. Dra. Asni Johari, M.Si. II. Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Pembelajaran memiliki peran penting dalam tercapainya tujuan pendidikan. Dalam proses pembelajaran media menjadi salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran. Media pembelajaran dibagi menjadi tiga jenis yaitu, media visual, audio, dan audio visual. Media audio visual atau video adalah salah satu bentuk media pembelajaran yang sangat efektif dalam menunjang proses pembelajaran baik pembelajaran massal, individu, dan kelompok. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 4 Tanjung Jabung Timur, terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran diantaranya keterbatasan media pembelajaran. Permasalahan tersebut menyebabkan pembelajaran menjadi monoton. Penggunaan video pembelajaran berbasis entrepreneurship diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menumbuhkan jiwa wirausaha dengan memanfaatkan limbah untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis entrepreneurship pada materi pencemaran lingkungan dan penerapannya dalam pembelajaran IPA kelas VII SMP, mengetahui kelayakan, mendeskripsikan penilaian guru, mendeskripsikan tanggapan peserta didik, mengetahui efektivitas dari penerapan media video pembelajaran berbasis entrepreneurship untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase 89,28% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 91,66% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian guru IPA diperoleh persentase 91,25% dengan kategori sangat baik, hasil ujicoba untuk melihat respon peserta didik pada ujicoba satu-satu diperoleh 87,5% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 92,5% dengan kategori sangat baik, dan ujicoba pada kelompok besar diperoleh persentase 95,73% dengan kategori sangat baik. Pada hasil uji efektivitas menggunakan uji N-gain diperoleh nilai g sebesar 0,6 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya efektifitas penggunaan video pembelajaran berbasis entrepreneurship pada materi pencemaran lingkungan dalam meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Video pembelajaran, entrepreneurship, materi pencemaran lingkungan

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: UTAMI
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:41
Last Modified: 15 Jun 2023 01:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50133

Actions (login required)

View Item View Item