HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI

Rais, Fitri (2023) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (429kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

LATAR BELAKANG MASALAH. Dalam menunjang penampilan, seorang mahasiswi cenderung menggunakan produk kosmetik, namun penggunaan produk kosmetik yang berlebihan akan memunculkan perilaku konsumtif produk kosmetik yang berdampak pada permasalahan ekonomi, sosial dan psikologis. Kosmetik banyak digunakan oleh mahasiswi demi menutupi kulit yang bermasalah, yang akan mempengaruhi kepercayaan diri. TUJUAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif produk kosmetik pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. METODE Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, populasi penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi dengan melibatkan 316 mahasiswi sebagai sampel melalui teknik random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri dan skala perilaku konsumtif, dan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson’s produk moment. HASIL Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif memiliki arah yang negatif dan signifikan rendah dengan nilai r sebesar -0,265 dan nilai signifikan sebesar < 0,05. PEMBAHASAN Korelasi variabel dalam penelitian ini menunjukkan korelasi negatif yang signifikan, yang menandakan semakin tinggi kepercayaan diri, maka semakin rendah perilaku konsumtf. Begitu sebaliknya, kepercayaan diri rendah, maka semakin tinggi perilaku konsumtifnya. KATA KUNCI Kepercayaan diri, perilaku konsumtif, mahasiswi, kuantitatif korelasional

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, perilaku konsumtif, mahasiswi, kuantitatif korelasional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: RAIS
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:48
Last Modified: 09 Jul 2024 04:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50191

Actions (login required)

View Item View Item