Khairunnisa, Tri (2023) Pengaruh Digital Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Pada Kelompok B di TK Negeri Seroja Kecamatan Pemayung. S1 thesis, Universitas UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI TRI KHAIRUNNISA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (82kB) |
Abstract
Tri Khairunnisa. 2023. Pengaruh Digital Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Pada Kelompok B di TK Negeri Seroja Kecamatan Pemayung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Asih Nur Ismiatun, M.Pd Kata Kunci: digital storytelling dan keterampilan menyimak cerita Keterampilan menyimak ini merupakan suatu kemampuan yang dimiliki anak usia dini untuk menangkap cerita yang disampaikan oleh pembaca, dimana keterampilan menyimak pada anak usia dini dapat dikembangkan melalui metode pembelajaran yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan metode bercerita dongeng berbasis media digital, termasuk digital storytelling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital storytelling terhadap keterampilan menyimak cerita pada kelompok B di TK Negeri Seroja Kecamatan Pemayung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Pretest-Postest one class design. Populasi dalam peneltiian ini adalah seluruh anak usia dini di TK Negeri Seroja sebanyak 50 anak. Sampel pada penelitian ini adalah kelompok B1 jumlah 14 anak. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menyimak cerita pada anak usia 5-6 tahun di kelompok B1 TK Negeri Seroja sebelum diberi perlakuan berupa digital storytelling (pretest) sebesar 42, sedangkan rata-rata keterampilan menyimak cerita pada anak usia 5-6 tahun di kelompok B1 TK Negeri Seroja setelah diberi perlakuan berupa digital storytelling (posttest) sebesar 71. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 14,349. Hal ini berarti nilai thitung lebih besar dibanding ttabel pada taraf 5% (α = 0,05) yaitu 1,705 (thitung > ttabel). Nilai signifikansi sebesar 0,449 dan berkisar diantara 0,40-0,599. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa digital storytelling berpengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita pada anak usia 5-6 tahun di kelompok B1 TK Negeri Seroja dan menunjukkan pengaruh yang sedang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | digital storytelling dan keterampilan menyimak cerita |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | KHAIRUNNISA |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 06:47 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |