Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Website Dengan Pendekatan STEM Pada Materi Gerak Lurus Di SMAN 2 Tanjung Jabung Barat

Septia, Sri Aini (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Website Dengan Pendekatan STEM Pada Materi Gerak Lurus Di SMAN 2 Tanjung Jabung Barat. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (55kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (519kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berkembangnya pengguna teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menyebabkan setiap negara perlu mengamati, mengevaluasi serta memonitor perkembangan TIK, baik infrastruktur, akses, dan penggunaannya. Semua itu diperlukan untuk membangun suatu kebijakan yang tepat dalam mengatur akses dan penggunaan TIK serta pengembangan infrastrukturnya. Salah satu fasilitas teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran yang efektif yaitu dengan website. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik pada media pembelajaran fisika berbasis website dengan pendekatan STEM pada materi gerak lurus yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Media pembelajaran berbasis website yang telah dikembangkan dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Setelah tahapan validasi selesai, akan dilakukan ujicoba respon peserta didik. Hasil pengembangan penelitian ini berupa media pembelajaran fisika berbasis website dengan pendekatan STEM pada materi gerak lurus. Adapun hasil tingkat kelayakan materi oleh ahli materi yaitu 93,8% (kategori “sangat layak”) dan ahli media yaitu 87,5% (kategori “sangat layak”). Sedangkan hasil ujicoba atau respon pengguna yang dilakukan pada kelompok kecil dengan 12 peserta didik SMA Negeri 2 Tanjung Jabung Barat dengan nilai yang diperoleh sebesar 74,8% (kategori “layak”). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran fisika berbasis website dengan pendekatan STEM pada materi gerak lurus layak untuk digunakan dalam menunjang proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Website, Gerak Lurus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Septia
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:19
Last Modified: 20 Jun 2023 04:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50644

Actions (login required)

View Item View Item