PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN IPA BERKONTEKS ETNOSAINS PADA BETANAGAS BUDAYA TRADISIONAL JAMBI

AISYAH, SUROCHATUN (2023) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN IPA BERKONTEKS ETNOSAINS PADA BETANAGAS BUDAYA TRADISIONAL JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover-1-2.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Abstrak (1).pdf

Download (185kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan (1).pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
SKRIPSI SUROCHATUN AISYAH (A1C319041) FINAL-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Provinsi Jambi memiliki sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan oleh calon pengantin sebelum melakukan prosesi pernikahan. Tradisi ini biasa disebut dengan tradisi betangas. Budaya betangas sebagai kearifan lokal saat ini sudah jarang ditemui karena arus modernisasi yang menyebabkan tidak sedikit masyarakat serta siswa sebagai generasi muda menjadi tidak mengetahui akan budaya ini. Kearifan lokal tidak hanya sebatas pengetahuan budaya saja namun kearifan lokal juga bisa diintegrasikan ke dalam pengetahuan ilmiah/sains yang biasa disebut etnosains. Saat ini beberapa sekolah yang ada di Provinsi Jambi, seperti pada SMPN 11 Muaro Jambi dan SMPN 34 Muaro Jambi masih belum menerapkan pembelajaran yang mengaitkan IPA terhadap kearifan lokal yang ada, terutama pada betangas budaya tradisional Jambi, sehingga hal ini menyebabkan kurangnya pengetahuan siswa terhadap kearifan lokal yang ada, khususnya konsep IPA yang ada pada betangas budaya tradisional Jambi. Hal ini dibuktikan dengan tes diagnostik yang telah dilakukan terhadap 57 responden dari siswa kelas IX SMPN 11 Muaro Jambi dan SMPN 34 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil tes diagnostik yang telah dilakukan diketahui bahwa sebanyak 58,77 % siswa mengalami kendala dalam menjelaskan konsep IPA pada betangas budaya tradisional Jambi dan siswa masih belum mengetahui mengenai budaya betangas sebagai kearifan lokal yang ada di Jambi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan buku pengayaan IPA yang berkonteks etnosains pada betangas budaya tradisional Jambi serta untuk mengetahui presepsi siswa terhadap buku pengayaan yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementattion, Evaluation). Subjek pada penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media serta 55 siswa SMPN 11 Muaro Jambi dan SMPN 34 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes diagnostik, lembar validasi ahli, serta angket respon siswa atau angket presepsi siswa. Penelitian ini menghasilkan buku pengayaan IPA yang berkonteks etnosains pada betangas budaya tradisional Jambi yang dicetak dalam ukuran A5. Buku pengayaan ini berisi pengetahuan asli masyarakat tentang budaya betangas yang kemudian direkontruksi menjadi pengetahuan sains dan ilmiah. Hasil validasi buku pengayaan pada aspek materi diperoleh hasil 96,35% dengan kategori sangat baik dan pada aspek media diperoleh hasil 96,66% dengan kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan buku pengayaan mendapatkan hasil 86,74% dengan kategori sangat baik. Sehingga, buku pengayaan IPA berkonteks etnosains pada betangas budaya tradisional Jambi ini layak digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada budaya betangas. Kata Kunci : Buku Pengayaan, Betangas, Etnosains, Persepsi Siswa

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku Pengayaan, Betangas, Etnosains, Persepsi Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: AISYAH
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:42
Last Modified: 03 Jul 2023 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51191

Actions (login required)

View Item View Item