Safitri, Septi Dilla (2023) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi pada Siswa Fase E2 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Halaman Judul dan Cover.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full Teks Septi Dilla Safitri-A1B119043.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (515kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
Daftra Pustaka.pdf Download (304kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada siswa fase E2 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi pada Februari–Maret 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran menulis teks negosiasi meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Tahap perencanaan pembelajaran dituangkan ke dalam modul ajar yang memuat beberapa komponen, yaitu informasi umum, kompetensi inti, dan lampiran. Tahap pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut juga memuat langkah-langkah model pembelajaran inkuiri yang meliputi orientasi, merumuskan masalah, mengajukan jawaban sementara, mengumpulkan data, menguji jawaban sementara, dan merumuskan kesimpulan. Adapun pada tahap penilaian pembelajaran lebih menekankan aspek kognitif karena kompetensi menulis erat kaitannya dengan hasil belajar. Namun, penilaian afektif dan psikomotor juga perlu diperhatikan. Penerapan model pembelajaran inkuiri dapat menjadikan siswa aktif, kreatif, dan berpikir kritis dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini, peneliti berharap penerapan model pembelajaran inkuiri dapat menjadi gambaran dalam pemilihan model pembelajaran yang aktif, kreatif, dan kritis. Selain itu, disarankan pula agar peneliti selanjutnya dapat menggunakan pendekatan penelitian yang berbeda, seperti kuantitatif untuk mengukur kemampuan atau pengaruh model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran menulis teks negosiasi berbentuk naratif. Kata Kunci: inkuiri, menulis, teks negosiasi Abstract This study aims to describe the application of the inquiry learning model in learning to write negotiating texts in phase E2 students at SMA Negeri 11 Muaro Jambi. This research was conducted at SMA Negeri 11 Muaro Jambi from February to March 2023. The research data was obtained by means of observation, interviews and documentation. Test the validity of the data using technical triangulation and source triangulation. The results of the study show that the application of the inquiry learning model in learning to write negotiating text includes the planning, implementation, and assessment stages. The learning planning stage is poured into teaching modules which contain several components, namely general information, core competencies, and attachments. The learning implementation stage includes preliminary, core, and closing activities. The learning activities also contain the steps of the inquiry learning model which include orientation, formulating problems, submitting temporary answers, collecting data, testing temporary answers, and formulating conclusions. As for the learning assessment stage, it emphasizes the cognitive aspect because writing competence is closely related to learning outcomes. However, affective and psychomotor assessments also need attention. The application of the inquiry learning model can make students active, creative, and think critically in learning. From the results of this study, the researcher hopes that the application of the inquiry learning model can be an illustration in selecting an active, creative, and critical learning model. In addition, it is also suggested that future researchers can use different research approaches, such as quantitative to measure the ability or influence of the inquiry learning model in learning to write narrative negotiating texts. Keywords: inquiry, writing, negotiating text
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inkuiri, menulis, teks negosiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | SAFITRI |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:54 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |