PENGARUH PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MAN 1 BATANGHARI

Utari, Suci (2023) PENGARUH PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MAN 1 BATANGHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (Pengaruh Penggunaan WhatsApp dalam Pembelajaran Fisika terhadap Motivasi Belajar di MAN 1 Batanghari:)
SUCI UTARI_A1C317021_SKRIPSI_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Pengaruh Penggunaan WhatsApp dalam Pembelajaran Fisika terhadap Motivasi Belajar di MAN 1 Batanghari:)
SUCI UTARI_A1C317021_halaman judul, cover_.pdf - Published Version

Download (12kB)
[img] Text (Pengaruh Penggunaan WhatsApp dalam Pembelajaran Fisika terhadap Motivasi Belajar di MAN 1 Batanghari:)
SUCI UTARI_A1C317021_ABSTRAK_.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (Pengaruh Penggunaan WhatsApp dalam Pembelajaran Fisika terhadap Motivasi Belajar di MAN 1 Batanghari:)
SUCI UTARI_A1C317021_pengesahan_.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (Pengaruh Penggunaan WhatsApp dalam Pembelajaran Fisika terhadap Motivasi Belajar di MAN 1 Batanghari:)
SUCI UTARI_A1C317021_BAB I_.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (Pengaruh Penggunaan WhatsApp dalam Pembelajaran Fisika terhadap Motivasi Belajar di MAN 1 Batanghari:)
SUCI UTARI_A1C317021_BAB V_.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (Pengaruh Penggunaan WhatsApp dalam Pembelajaran Fisika terhadap Motivasi Belajar di MAN 1 Batanghari:)
SUCI UTARI_A1C317021_DAFTAR PUSTAKA_.pdf - Published Version

Download (427kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Utari, Suci. 2022. Pengaruh Penggunaan WhatsApp dalam Pembelajaran Fisika terhadap Motivasi Belajar di MAN 1 Batanghari: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. M. Hidayat, M.Pd., (II) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: WhatsApp, Motivasi Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan WhatsApp dalam pembelajaran fisika terhadap motivasi belajar di MAN 1 Batanghari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Batanghari sebanyak 49 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dipergunakan yaitu teknik sampling. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa (sebagai data utama) melalui google form dan wawancara (sebagai data penunjang). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, uji regresi linear sederhana. Dari hasil penelitian yang didapat yaitu analisis regresi linear sederhana sebesar 0,000 < 0,05 dimana sesuai dengan ketentuan H_a diterima dan H_O ditolak maka terdapat pengaruh antara penggunaan WhatsApp terhadap motivasi belajar siswa dengan pengaruh persen sebesar 54,7%. Dari hasil penelitian ini disarankan agar siswa MAN 1 Batanghari diharapkan dapat menggunakan WhatsApp sebagai sumber informasi selain buku, bijaklah saat bermain WhatsApp, jangan biarkan media sosial atau WhatsApp menjadi pengaruh negatif bagi kita karena bermain media sosial atau WhatsApp ada dua sisi: positif dan negatif. Jika kita melihat sisi baiknya dari media sosial, kita dapat memperoleh berbagai informasi, salah satunya adalah informasi mengenai pembelajaran di sekolah. ABSTRACT Utari, Holy. 2022. The Effect of Using WhatsApp in Physics Learning on Learning Motivation at MAN 1 Batanghari: Thesis, Physics Education Study Program, FKIP University of Jambi, Supervisor: (I) Dr. M. Hidayat, M.Pd., (II) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd., Keywords: WhatsApp, Motivation The research aims to determine the effect of using WhatsApp in physics learning on learning motivation at MAN 1 Batanghari. The population in this study were 49 students of class XI MAN 1 Batanghari. The sampling technique used is the sampling technique. Research data was obtained by distributing questionnaires to students (as the main data) through Google forms and interviews (as supporting data). Data analysis techniques using normality test, linearity test, hypothesis testing, simple linear regression test. From the research results obtained, namely a simple linear regression analysis of 0.000 <0.05 where according to the provisions H_a is accepted and H_O is rejected, there is an influence between the use of WhatsApp on student learning motivation with a percent effect of 54.7%. From the results of this study it is suggested that MAN 1 Batanghari students are expected to be able to use WhatsApp as a source of information other than books, be wise when playing WhatsApp, don't let social media or WhatsApp become a negative influence for us because playing social media or WhatsApp has two sides: positive and negative. If we look at the bright side of social media, we can get various information, one of which is information about learning at school.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: WhatsApp, Motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Utari
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:13
Last Modified: 17 Jul 2023 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53407

Actions (login required)

View Item View Item