Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Memahami Konsep Topologi pad Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jambi

Wijaya, Wendy Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Memahami Konsep Topologi pad Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jambi. Universitas Jambi.

[img] Text
1. Cover( Hard Cover FKIP warna hijau).docx

Download (35kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.docx

Download (20kB)
[img] Text
13 BAB1.docx

Download (30kB)
[img] Text
17. bab V.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mahasiswa pada topik topologi pada mata kuliah analisis real pendidikan matematika Universitas Jambi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar dalam memahami konsep topologi yang dialami mahasiswa dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2013 dan 2014 Universitas Jambi yang telah mengambil mata kuliah analisis real. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes diagnostik kesulitan belajar dan pedoman wawwancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 20% mahasiswa mengalami kesulitan dalam memberikan nama singkat atau teknis pada suatu objek dalam suatu topik, 40% mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyatakan pengertian dari istilah yang menyusun konsep, 60% mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengingat satu atau lebih kondisi perlu agar suatu objek dapat dinyatakan dalam istilah yang menyusun konsep, 60% mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengingat satu atau lebih kondisi cukup agar suatu objek dapat dinyatakan dalam istilah yang menyusun konsep, tidak ada mahasiswa kesulitan mengenali contoh dan bukan contoh, dan 100% mahasiswa mengalami kesulitan menarik informasi-informasi penting dari istilah yang menyusun konsep. Faktor dominan yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar ini adalah faktor emosional dan intelektual. Dari hasil penelitian ini disarankan mahasiswa hendaknya membaca ulang materi-materi yang telah lewat, karena matematika itu bersifat berkesinambungan, sehingga kekurangan pada materi yang telah lewat dapat menyebabkan kesulitan di kemudian hari.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WENDY WIJAYA
Date Deposited: 26 Sep 2018 07:03
Last Modified: 26 Sep 2018 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5350

Actions (login required)

View Item View Item