PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MELIHAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK PELURU DI SMAN 7 KOTA JAMBI

Susanti, Nova and Phatoni, Haerul and Mariana, Dina (2023) PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MELIHAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK PELURU DI SMAN 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (890kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (910kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (896kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DINA MARIANA A1C318082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Mariana, Dina. 2022. Pembelajaran Kolaboratif Dengan Pendekatan STEM Untuk Melihat Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Gerak Peluru: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (II) Haerul Pathoni, S.Pd., M.Pfis. Kata kunci: lesson study, STEM, pembelajaran, keaktifan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan pada saat melakukan pembelajaran berbasis lesson study yang dikolaborasikan dengan STEM di kelas XI Fase F2 di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Fase F2 di SMA Negeri 7 Kota Jambi pada 20 Agustus 2022 – 16 November 2022. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi yang diisi oleh para observer, dokumentasi, dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini lesson study yang dikolaborasikan dengan pembelajaran STEM dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu keaktifan dengan terdapat interaksi yang positif selama pembelajaran antara siswa dengan siswa, maupun siswa dengan guru model. Selain itu siswa lebih memahami konsep pembelajaran yang diterangkan oleh guru model, hal ini ditunjukkan dari pemahaman siswa pada saat mengerjakan tugas yang diberikan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: mariana
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:03
Last Modified: 17 Jul 2023 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53654

Actions (login required)

View Item View Item