Nurul Ilmi, Resa (2023) PENGARUH TEACHING LOSS DAN LEARNING LOSS TERHADAP CHARACTER LOSS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PEACE EDUCATION PADA SISWA SMA NEGERI 3 KERINCI TAHUN AJARAN 2022/2023.
![]() |
Text
halaman pengesahan 2.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
RESA TESIS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan 2.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya pembelajarana daring yang mengakibatkan siswa kehilangan kesempatan belajar di sekolah, siswa mengalami penurunan belajar, adanya pembatasan sosial sehingga mereka harus belajar dari rumah yang mengakibatkan penurunan karakter sehingga membuat mereka menjadi pribadi yang lebih cuek. Kemudian lingkungan belajar di rumah yang membuat mereka malas, tidak termotivasi, hilang semangat sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman untuk mengikuti proses belajar daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh langsung dan tidak langsung Teaching Loss dan Learning Loss terhadap Character Loss, (2) pengaruh langsung dan tidak langsung Teaching Loss dan Learning Loss terhadap Peace Education, (3) pengaruh langsung dan tidak langsung Character Loss terhadap Peace Education, (4) pengaruh langsung dan tidak langsung Teaching Loss dan Learning Loss terhadap Peace Educationi melalui Character Loss. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Kerinci. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 132 dengan teknik sampling yaitu sampel jenuh yang kemudian menjadi responden dalam penelitian ini. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket dengan bantuan google form. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung Teaching Loss dan Learning Loss terhadap Character Loss sebesar 0,348 dan 0,357, (2) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung Teaching Loss dan Learning Loss terhadap Peace Education sebesar 0,307 dan 0,440, (3) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung Character Loss terhadap Peace Education sebesar 0,374, (4) pengaruh langsung dan tidak langsung Teaching Loss dan Learning Loss terhadap Peace Educationi melalui Character Loss sebesar 0,130 dan 0,134. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa semua Ha diterima dan H0 ditolak. Saran kepada siswa untuk selalu belajar baik secara luring maupun daring agar tidak mengalami penurunan belajar sehingga berakibat pada masa depan. Siswa yang baik adalah siswa yang mampu menerapkan pendidikan karakter pada kehidupannya sehari-hari, disarankan agar siswa mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif.
Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | RESA NURUL ILMI |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:06 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |