rahayu, hani (2023) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU IPA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 13 KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
TESIS HANI RAHAYU.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER DEPAN.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN..pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK..pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahayu, H. 2023. “Analisis Kompetensi Profesionalisme Guru IPA Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 13 Kota Jambi”. Pembimbing I. Prof. Dr. Dra. Risnita, M.Pd. Pembimbing II Ir. Bambang Hariyadi, M.Si. Ph.D. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Profesionalisme Guru IPA DalamPembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 13 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. subjek penelitian adalah 4 orang guru IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada guru IPA di SMP negeri 13 kota jambi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan yaitu Profesionalisme Guru IPA Dalam Pembentukan KarakterSiswa Di SMP Negeri 13 ada lima indikator diantaranya. Profesionalisme guru IPA dalam pembentukan karakter siswa di SMP negeri 13 kota jambi. Dirangkum ke dalam kelima aspek indikator keprofesionalan, bahwa empat orang guru IPA diketahui mampu menjalankan tugasnya pada kompetensi profesional. adapun indikator yang pertama menguasai landasan pendidikan sebesar 95%, indikator Kemampuan Menguasai Bahan Pengajaran sebesar sebesar 60%, kemampuan mengembangkan program pengajaran 85%, kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi dan informasi sebesar 60%, kemampuan guru dalam menilai hasil proses belajar mengajar sebesar 35%. Kemudian Upaya yang dilakukan guru IPA dalam pembentukan karakter siswa di SMP negeri 13 kota jambi diantaranya yaitu membuat perencanaan pembelajaran, memilih dan mengembangkan materi pembelajara, pemilihan metode pembentukan karakter, pendekatan atau model pembelajaran, pendekatan pembentukan karakter, tahapan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dan evaluasi dalam proses belajar mengajar sesuai indikator profesional guru. Kendala guru IPA dalam pembentukan karakter siswa dismp negeri 13 kota jambi yaitu latar belakang siswan yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran siswa, tingkat usia siswa yang berbeda-beda, fitrah (bawaan) manusia, lingkungan atau pergaulan siswa, kemudian faktor internal dan faktor eksternal. Kata Kunci: Kompetensi Profesiaonal Guru IPA, Pembentukan Karakter
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | RAHAYU |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:58 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |