Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan 3D Pageflip Professional Materi Transpirasi Pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan.

Septiyunita, Riri Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan 3D Pageflip Professional Materi Transpirasi Pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Biologi.

[img] Text
01. COVER DEPAN.pdf

Download (23kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (177kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
10. BAB I revisi - 2.pdf

Download (167kB)
[img] Text
14.BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

Abstrak.Mata kuliah Fisiologi Tumbuhan merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Pendidikan Biologi, dengan bobot 4 sks, 3 sks untuk teori dan 1 sks untuk pratikum. Mata kuliah Fisiologi Tumbuhan membahas tentang apa yang terjadi pada tumbuhan sehingga mereka bisa hidup, salah satu materi yang di bahas adalah Transpirasi. Transpirasi yaitu proses kehilangan air pada tumbuhan melalui stomata. Proses ini bersifat abstrak sehingga sulit dipahami untuk mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan 3D Pageflip Professional materi Transpirasi pada mata kuliah fisiologi tumbuhan. Jenis penelitian ini tergolong penelitian pengembangan dengan menggunakan Model ADDIE yang terdiri dari alur Analisis, Desain, Development (pengembangan), Implementasi, dan Evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli materi dan media selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif yang dibuat menggunakan software 3D Pageflip Professional. Produk tersebut divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Masing- masing memperoleh skor 86,11% (sangat baik) dan 96,15 % (sangat baik), sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil respon mahasiswa diperoleh persentase 83,92% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi materi maupun media dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sangat baik digunakan sebagai media dalam pembelajaran Biologi. Media pembelajaran interatif pada materi Transpirasi dapat digunakan oleh mahasiswa melalui bimbingan dosen pada saat proses pembelajaran berlangsung agar kegiatan pembelajaran lebih terstruktur. Media pembelajaran ini juga dapat digunakan oleh mahasiswa secara mandiri dirumah dan media pembelajaran interatif ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh peneliti lain sampai tahap ujicoba kelompok besar agar dapat dilihat keefektifannya dalam pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIRI SEPTIYUNITA
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:53
Last Modified: 25 Sep 2018 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item View Item