PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA FILM G30S/PKI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII SMA 11 MUARO JAMBI

SIHOTANG, SUSI MASROLIKA (2023) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA FILM G30S/PKI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII SMA 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA FILM G30S/PKI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII SMA 11 MUARO JAMBI)
COVER.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA FILM G30S/PKI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII SMA 11 MUARO JAMBI)
SKRIPSI SUSI MASROLIKA SIHOTANG.pdf - Published Version

Download (925kB)
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA FILM G30S/PKI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII SMA 11 MUARO JAMBI)
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA FILM G30S/PKI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII SMA 11 MUARO JAMBI)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA FILM G30S/PKI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII SMA 11 MUARO JAMBI)
SKRIPSI BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA FILM G30S/PKI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII SMA 11 MUARO JAMBI)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA FILM G30S/PKI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII SMA 11 MUARO JAMBI)
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (315kB)
Official URL: https://repository.unja.id/

Abstract

Pemanfaatan media saat pembelajaran sejarah di SMA 11 Muaro Jambi masih kurang efektif, dimana pendidik/guru yang masih menggunakan metode ceramah dalam mengajar. Banyak siswa yang merasa jenuh dan bosan dengan metode ceramah yang terkesan monoton, Contohnya materi G30S/PKI, tidak sedikit siswa yang mengaku masih kurang mengerti dengan peristiwa tersebut karena selama ini siswa hanya memperoleh pembelajaran dari buku, padahal bisa saja menggunakan media yang sudah ada contohnya film G30S/PKI untuk memudahkan siswa memahami peristiwa PKI tersebut. Namun kurangnya sarana prasarana juga yang menjadi halangan dalam pemanfaatan media film G30S/PKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pemanfaatan media film G30S/PKI untuk pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kuantitatif. Instrument yang dipakai adalah angket dengan 20 pernyataan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA 11 Muaro Jambi sebanyak 96 responden. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap pemanfaatan media film G30S/PKI untuk pembelajaran sejarah menunjukkan respon yang baik dimana peserta didik memiliki persepsi yang positif dan sangat mendukung pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan media film G30S/PKI persepsi siswa terhadap pemanfaatan media film G30S/PKI untuk pembelajaran sejarah, sebagian siswa juga setuju bahwa media film tersebut meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa, dan lebih memudahkan siswa dalam menerima materi. Selain itu media film tersebut membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran tentang peristiwa G30S/PKI. The use of media when studying history at SMA 11 Muaro Jambi is still not effective, where educators/teachers still use the lecture method in teaching. Many students feel bored and bored with the lecture method which seems monotonous, for example the G30S/PKI material, not a few students admit that they still do not understand the incident because so far students have only learned from books, even though they could have used existing media for example the G30S/PKI film to make it easier for students to understand the PKI events. However, the lack of infrastructure is also an obstacle in the use of G30S/PKI film media. This study aims to find out how students' perceptions of the use of G30S/PKI film media for history learning. This study uses a quantitative descriptive method. The instrument used was a questionnaire with 20 statements. The subjects in this study were class XII students at SMA 11 Muaro Jambi with a total of 96 respondents. The results of this study are student perceptions of the use of G30S/PKI film media for history learning showing a good response where students have positive perceptions and are very supportive of history learning by utilizing G30S/PKI film media. Student perceptions of the use of G30S/PKI film media for In learning history, some students also agree that film media increases students' insight and knowledge, and makes it easier for students to receive material. In addition, the film media helps students more easily understand learning about the G30S/PKI incident.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Film G30S/PKI, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Sihotang
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:59
Last Modified: 31 Aug 2023 03:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55212

Actions (login required)

View Item View Item