ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BERAS ORGANIK DI PASAR MODERN KOTA JAMBI

Sari, Dini Mulia (2023) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BERAS ORGANIK DI PASAR MODERN KOTA JAMBI. fakultas pertanian universitas jambi.

[img] Text
SKRIPSI DINI MULIA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Dini Mulia Sari, Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Beras Orgaik di Pasar Moder Kota Jambi. Dibimbing oleh Dr. Ir. Saidin Nainggolan, M.Si dan Ardhiyan Saputra S.P, M.Si. Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi karakteristik umum konsumen beras organik di pasar modern Kota Jambi, (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian beras organik di pasar modern Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan secara survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Ruang lingkup penelitian ini difokuskan untuk mengetahui perilaku dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli beras organik di pasar modern yang ada di Kota Jambi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dekriptif dan analisis partial leart square (PLS) dengan sampel 25 responden yaitu konsumen beras organik. Alat analisis yang digunakan adalah SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebanyak 80 % konsumen mengungkapkan bahwa mereka setuju memilih pasar modern sebagai tempat pembelian beras organik karena ketersediaan produk dan kenyamanan saat berbelanja beras organik dan sebanyak 85 % responden berpendapat setuju melakukan pembelian beras organik pada pasar modern dikarenakan pasar modern menyediakan berbagai jenis dan merek beras organik sesuai dengan yang mereka inginkan dan butuhkan. (2) Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen beras organik di pasar modern Kota Jambi adalah faktor internal (umur, pendapatan, tingkat pendidikan, persepsi) dan faktor eksternal (budaya, keluarga, lingkungan, melas sosial) serta faktor internal dan eksternal melalui variabel moderasi beras organik (atribut produk, bauran pemasaran dan nilai guna barang).

Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Beras Organik, Keputusan Pembelian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: SARI
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:09
Last Modified: 05 Jul 2024 08:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55224

Actions (login required)

View Item View Item