Putri, Wanda Oktalia (2023) Penerapan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa PPKn di Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak[1].pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
Bab_I[1].pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
Bab_II[1].pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
Bab_III[1].pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
Bab_IV[1].pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
Bab_V[1].pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
Daftar_Pustaka[1].pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
A1D119001_SKRIPSI_Wanda_Oktalia_Putri[1].pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Halaman_Persetujuan_dan_Pengesahan[1].pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
Cover_Skripsi[1].pdf Download (24kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Giving Question and Getting Answer pada muatan PPKn di kelas V SD Negeri 78/I Teluk Ketapang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi pengamatan aktivitas siswa dan observasi guru menerapkan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer pada mata pembelajaran PPKn terlihat jelas dari hasil observasi siklus I pertemuan II aktivitas belajar siswa 55% dengan kategori C (cukup). Meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi 85,24% dengan kategori A (sangat baik). Pada siklus II telah tercapai kriteria ketuntasan keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti diperoleh 85,24%. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 78/I Teluk Ketapang baru mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer. Hal ini terbukti pada pertemuan terakhir pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa yaitu 55%, kemudian pada pertemuan terakhir pada siklus II persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 85,24% dari jumlah siswa sebanyak 25 orang. Maka tindakan yang diberikan melalui penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer berhasil dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jadi penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answe |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 03:47 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |