Sari, Helda (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN ART AND CRAFT DI TK KIRANA KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
HELDA SARI SKRIPSI FULL.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
cover helda.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text (Pengesahan & Persetujuan)
cover helda-3-4.pdf Download (91kB) |
Abstract
Sari, Helda. 2023. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Art and Craft di TK Kirana Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Anak Usia Dinidan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Rizki Surya Amanda, M.Pd., (II) Dr. KA. Rahman, M.Pd.I., Kata kunci: art and craft, motorik halus Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kirana Kota Jambi belum sepenuhnya berkembang. Hal ini terlihat dari sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam kegiatan menulis huruf (horizontal, vertikal, lengkung, miring), dalam koordinasi mata dan tangan yang terlihat dari cara anak menggunakan gunting yang belum tepat, anak juga sulit melakukan kegiatan menjiplak bentuk serta melakukan gerakan manipulatif dan mengekspresikan diri dalam berkarya seperti kegiatan pembelajaran menempel benda sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan art and craft dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kirana Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus dan 3 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Pada setiap pertemuannya mempunyai langkah-langkah yang teridiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Instrument pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi. Kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kirana meningkat secara bertahap melalui penerapan kegiatan art and craft. Terlihat pada hasil awal/pratindakan hanya sebesar 27,38% dengan tiga kegiatan yaitu menebalkan garis putus-putus, menjiplak daun dan 3M (menggunting, menempel, mewarnai). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 32,53%, siklus I pertemuaan 2 39,87%, siklus I pertemuan 3 44,63%, siklus II pertemuan 1 49,99%, siklus II pertemuan 2 55,15%, siklus II pertemuan 3 62,09%, siklus III pertemuan 1 69,63%, siklus III pertemuan 2 83,13% dan siklus III pertemuan 3 89,3% yang melebihi ketuntasan yaitu 80% dengan kategori berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kirana Kota Jambi meningkat melalui kegiatan art and craft.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 03:20 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |