PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN PERILAKU INOVATIF TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK MAN 2 KOTA JAMBI

HANIFAH, NADA (2023) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN PERILAKU INOVATIF TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK MAN 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN PERILAKU INOVATIF TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK MAN 2 KOTA JAMBI)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN PERILAKU INOVATIF TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK MAN 2 KOTA JAMBI)
Cover.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN PERILAKU INOVATIF TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK MAN 2 KOTA JAMBI)
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version

Download (835kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Literasi Digital, Perilaku Inovatif, Sikap Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang masih keliru dalam menyerap informasi, sehingga berdampak pada inovasi yang dihasilkan tidak sesuai dengan isu. Adanya keberagaman sikap belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian meniti ilmu apakah terdapat Pengaruh Literasi Digital dan Perilaku Inovatif Terhadap Sikap Belajar Peserta Didik MAN 2 Kota Jambi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, dengan rancangan penelitian memakai survei. Peserta didik kelas XI di MAN 2 Kota Jambi ditetapkan menjadi populasi dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan yaitu teknik simple random sampling sejumlah 196 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah data primer berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh literasi digital terhadap sikap belajar dengan skor thitung sebesar 12,624, sedangkan ttabel senilai 1,972 sehingga diperoleh hasil 12,624 > 1,972 maka H0 ditolak dan Ha diterima, besarnya pengaruh X1 terhadap Y yaitu 45,1%, (2) Terdapat pengaruh perilaku inovatif terhadap sikap belajar dengan nilai thitung sebesar 19,335, sedangkan ttabel 1,972 diperoleh hasil 19,335 > 1,972 maka H0 ditolak dan Ha diterima, besarnya pengaruh variabel X2 terhadap variabel Y yaitu 65,8%, (3) Terdapat pengaruh literasi digital terhadap perilaku inovatif dengan nilai thitung sebesar 17, 962, sedangkan ttabel 1,972 diperoleh hasil bahwa 17,962 > 1,972 maka H0 ditolak dan Ha diterima, besarnya pengaruh X1 terhadap X2 yaitu 62,4%, dan (4) Terdapat pengaruh tidak langsung literasi digital terhadap sikap belajar melalui perilaku inovatif sebagai variabel moderator dengan kalkulasi uji sobel menghasilkan p-value 0 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya perolehan (1) pengaruh literasi digital terhadap sikap belajar peserta didik dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. (2) pengaruh perilaku inovatif terhadap sikap belajar peserta didik diterangkan H0 ditolak dan Ha diterima. Begitu pula (3) pengaruh literasi digital terhadap perilaku inovatif peserta didik diperoleh hasil H0 ditolak dan Ha diterima. Dan (4) temuan menyatakan terdapat pengaruh tidak langsung literasi digital terhadap sikap belajar dengan perilaku inovatif sebagai variabel mediator. Serta sarannya (1) peneliti selanjutnya bisa lebih mencurahkan setiap komponen variabel sehingga terlihat gambaran menyeluruh, (2) kepala sekolah dapat memberikan semangat juang supaya timbul sikap belajar positif siswa, (3) guru diharapkan memberikan sosialisasi mengenai keterampilan literasi digital sehingga peserta didik bisa lebih peka terhadap informasi, (4) peserta didik mampu lebih bertanggung jawab dan teliti dalam berselancar digital.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Perilaku Inovatif, Sikap Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: HANIFAH
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:00
Last Modified: 09 Oct 2023 03:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56611

Actions (login required)

View Item View Item