PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH TANJUNG KABUPATEN SAROLANGUN

TANJUNG, NURKHOFIFAH (2023) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH TANJUNG KABUPATEN SAROLANGUN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK NURKHOFIFAH.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
COVER NURKHOFIFFAH.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI NURKHOFIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN NURKHOFIFAH.pdf

Download (199kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Reward dan Punishment Tehadap Minat Belajar Siswa IPS Pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Tanjung kabupaten sarolangun. Penelitian ini merupakan menelitian kuantitatif yang berjenis korelasional. Data penelitian diperoleh dengan cara penyebaran angket kepada siswa IPS kelas X, XI, XII sebanyak 60 siswa. Setelah angket diisi, kemudian data dianalisis secara kuantitatif yaitu menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedestisitas, uji analisis regresi berganda, uji t, uji f, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh secara simultan antar variabel Reward (X1) thitung sebesar 8,330 dan ttabel 2,001. Jadi thitung > ttabel yaitu 8,330>2,001 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara variabel reward (X1) terhadap Minat Belajar (Y). Untuk variabel Punishment (X2) mempunyai thitung sebesar 10,789 dan ttabel 2,001. Jadi thitung > ttabel yaitu 10,789>2,001 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara variabel Punishment (X2) terhadap Minat Belajar (Y). Berdasarkan uji F dengan perhitungan SPSS 21.0, maka terlihat nilai Fhitung sebesar 73,199 sedangkan Ftabel sebesar 3,16 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh secara signifikan antara reward dan punishment terhadap minat belajr belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pemberian reward dan punishment yang sesuai dapat meningkatkan minat belajar siswa, karena pemberian reward dan punishment yang diberikan guru kepada siswa yang taat dan patuh terhadap aturan kelas akan menambah minat belajar dan rasa senang pada siswa itu sendiri serta dapat membantu guru dalam membangun iklim belajar yang konndusif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Tanjung
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:53
Last Modified: 11 Oct 2023 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56687

Actions (login required)

View Item View Item