Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 21 Batang Hari

Damayanti, Marisyah (2023) Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 21 Batang Hari. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Marisyah Damayanti_SKRIPSI.pdf

Download (971kB)
[img] Text
MAYA.pdf

Download (205kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Kebiasaan belajar yang efektif dan efisien diperlukan oleh setiap orang dalam aktivitas belajarnya karena sangat berpengaruh terhadap pemahaman dan hasil belajar yang akan mereka raih. Berdasarkan fenomena yang ada di lapangan setiap siswa menunjukkan kebiasaan belajar yang berbeda-beda sehingga kemampuan siswa dalam belajar dan menerima pembelajaran pun juga akan berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa di SMP N 21 Batang Hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling dan jumlah keseluruhannya yaitu 89 siswa. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Secara umum tingkatan kebiasaan belajar di SMP N 21 Batang berada dalam kategori tinggi dengan perolehan persentase sebesar 84%. (2). Tingkatan hasil belajar siswa di SMP N 21 Batang Hari. (3). Hasil penelitian ini menyatakan terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 21 Batanghari. Hubungan tersebut dibuktikan dari hasil nilai sig 0.019< 0.05 yang menunjukkan adanya hubungan antara kedua variabel, serta dibuktikan dari hasil r hitung korelasi sebesar 0,248. Kata kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Batang Hari ABSTRACT Effective and efficient study habits are needed by everyone in their learning activities because they greatly influence the understanding and learning outcomes they will achieve. Based on phenomena in the field, each student shows different learning habits so that students' abilities to learn and receive learning will also be different. The aim of this research is to determine the relationship between study habits and student learning outcomes at SMP N 21 Batang Hari. This research uses a quantitative approach with correlational methods. The population in this study were all students in class VIII. The sample was taken using total sampling technique and the total number was 89 students. To determine the accuracy and validity of this instrument, a validity and reliability test was carried out. The data analysis techniques for this research are normality test, linearity test, hypothesis test and Pearson product moment correlation test with the help of the SPSS 24.00 program. The research results show that (1). In general, the level of study habits at SMP N 21 Batang is in the high category with a percentage of 84%. (2). Levels of student learning outcomes at SMP N 21 Batang Hari. (3). The results of this research state that there is a relationship between study habits and student learning outcomes at SMP Negeri 21 Batanghari. This relationship is proven by the sig value of 0.019<0.05 which shows that there is a relationship between the two variables, and is also proven by the calculated r correlation result of 0.248. Keywords: Study Habits, Learning Outcomes, Batang Hari

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Batang Hari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Damayanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:05
Last Modified: 20 Nov 2023 04:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57805

Actions (login required)

View Item View Item