ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI ABSENSI SIABON DI DINAS KOPERASI DAN UKM PROVINSI JAMBI MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Nugraha, Teguh Setya and Hutabarat, Benedika Ferdian and DEWI LESTARI, UMI (2023) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI ABSENSI SIABON DI DINAS KOPERASI DAN UKM PROVINSI JAMBI MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

SIABON (Sistem Absensi Online) merupakan sebuah platform aplikasi yang berfungsi sebagai pencatat presensi pegawai (mobile attendance) dengan fitur yang memungkinkan pegawai dapat melakukan pencatatan kehadiran kerja menggunakan smartphone sekaligus memberikan kemudahan pada sisi badan kepegawaian untuk memantau jam kerja pegawai. Aplikasi SIABON menghadirkan fitur validasi seperti global positioning system (GPS) untuk mendeteksi lokasi absensi pegawai dan fitur pengenalan wajah (face recognition) sehingga proses absensi dapat dilakukan lebih akurat dan higienis. Aplikasi absensi online SIABON terintegrasi demi perbaikan kinerja dan kedisiplinan pegawai ASN melakui aplikasi handphone. Aplikasi ini digunakan oleh semua pegawai daerah di Provinsi jambi sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi SIABON di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Regresi sederhana dapat dianalisis karena didasari oleh hubungan fungsional atau hubungan sebab akibat (kausal) variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Analisis regresi sederhana yang dilakukan dalam penelitian ini, dilakukan dengan memasukkan lima variabel independen terdiri atas isi, kekakuratan, bentuk, kemudahan dan ketepatan waktu, serta satu variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa peneliti mendapati 2 hipotesis yang diterima dan dianggap memenuhi kepuasaan pengguna, yaitu variabel kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan belajar dengan sig<0.05 yaitu (0.001), dan variabel format berpengaruh terhadap kepuasan belajar dengan sig <0.05 yaitu (0.025). Peneliti mendapati 3 hipotesis ditolak pada penelitian ini dianggap tidak memenuhi kepuasan pengguna, yaitu variabel isi tidak berpengaruh terhadap kepuasan belajar dengan sig >0.05 yaitu (0.947), variabel keakuratan tidak berpengaruh terhadap kepuasan belajar dengan sig >0.05 yaitu (0.183), dan variabel ketepatan waktu tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dengan sig >0.05 yaitu (0.727). Hal itu dapat diartikan bahwa aplikasi SIABON hanya memenuhi tingkat kepuasan dari segi kemudahan dan format. Oleh karena itu diharapkan pengembang sistem dapat mengoptimalkan aplikasi dari segi isi, keakuratan, dan ketepatan waktunya SIABON (Online Attendance System) is an application platform that functions as a mobile attendance recorder with a feature that allows employees to record work attendance using a smartphone while also providing convenience for the civil service agency to monitor employee working hours. The SIABON application presents validation features such as a global positioning system (GPS) to detect the location of employee absences and a facial recognition feature so that the attendance process can be carried out more accurately and hygienically. The SIABON online attendance application is integrated to improve the performance and discipline of ASN employees via a mobile application. This application is used by all regional employees in Jambi Province so the aim of this research is to determine the analysis of user satisfaction in using the SIABON application at the Jambi Province Cooperatives and SMEs Service using the End User Computing Satisfaction (EUCS) Method. This research uses simple regression analysis. Simple regression can be analyzed because it is based on a functional relationship or causal relationship (causal) of the independent variable (X) to the dependent variable (Y). The simple regression analysis carried out in this research was carried out by entering five independent variables consisting of content, accuracy, form, convenience and timeliness, as well as one dependent variable, namely customer satisfaction. Based on the research results, it shows that the researcher found 2 hypotheses that were accepted and considered to meet user satisfaction, namely the convenience variable had an effect on learning satisfaction with a sig <0.05, namely (0.001), and the format variable had an effect on learning satisfaction with a sig <0.05, namely (0.025). Researchers found that 3 hypotheses were rejected in this study which were deemed not to meet user satisfaction, namely the content variable had no effect on learning satisfaction with a sig > 0.05, namely (0.947), the accuracy variable had no effect on learning satisfaction with a sig > 0.05, namely (0.183), and the accuracy variable time has no effect on user satisfaction with sig >0.05, namely (0.727). This can be interpreted that the SIABON application only meets the level of satisfaction in terms of convenience and format. Therefore, it is hoped that system developers can optimize applications in terms of content, accuracy and timeliness

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Eucs, Absensi, dan Kepuasan Pengguna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: nugraha
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:12
Last Modified: 21 Nov 2023 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57870

Actions (login required)

View Item View Item