MUHAMMAD TOMI, MAULANA (2023) Pengaruh Kecanduan Media Sosial Dan Perilaku Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI TOMI-compressed_compressed.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
COVER_removed (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari setiap variabel yaitu kecanduan media sosial dan perilaku mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi pada Februari 2023. Data diperoleh dengan cara menyebar angket kepada mahasiswa Jurusan PIPS angkatan 2020 melalui Google Form. Setelah angket dibagikan, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunnjukan bahwa kecanduan media sosial dan perilaku mahasiswa mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan PIPS FKIP UNJA, yang mana faktor yang mempengaruhi nya yaitu kecanduan media sosial yang rendah dan perilaku belajar mahasiswa yang tinggi akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan (1) terdapat pengaruh negatif kecanduan media sosial terhadap prestasi belajar, dengan nilai t hitung lebih besar dari ttabel yaitu -6,430 > 1,978 dan nilai sig 0,000 < 0.05. Maka dapat dijelaskan jika tingkat kecanduan media sosial mahasiswa tinggi, maka prestasi belajar akan menurun begitu pula sebaliknya. (2) terdapat pengaruh positif perilaku belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar, dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,171 > 1,978 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Maka dapat dijelaskan jika tingkat perilaku belajar mahasiswa tinggi, maka prestasi belajar akan meningkat begitu pula sebaliknya. (3) terdapat pengaruh kecanduan media sosial dan perilaku mahasiswa terhadap prestasi belajar, dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 38,420 > 3,065 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dengan besaran R Square 0,550 atau 55%. Hal ini berarti semakin rendah kecanduan media sosial dan perilaku belajar mahasiswa yang tinggi maka akan cenderung mendapatkan prestasi belajar yang baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan agar mahasiswa dapat mengurangi kecanduan media sosial dan dapat meningkatkan perilaku belajar agar dapat meningkatkan prestasi belajar dengan baik
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Addiction, Student Behavior, Learning Achievement |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | MAULANA |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 07:33 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |