Implementasi Metode Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPA 2 Madrasah Aliyah Laboratorium UIN STS Jambi

Lauri, Nesti (2023) Implementasi Metode Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPA 2 Madrasah Aliyah Laboratorium UIN STS Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Peristiwa yang terjadi mengenai kurangnya keaktifan belajar merupakan salah satu masalah yang terjadi di dunia pendidikan khusunya di Indonesia. Keaktifan belajar sendiri merupakan hal yang penting agar dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat memecahkan masalah yang akan dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagamana implementasi metode Giving Question And Getting Answer dalam meningkatkan keaktifan belajar sejarah siswa kelas XI IPA 2 Madrasah Aliyah Laboratorium UIN STS Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN STS Jambi. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas XI IPA 2 Madrasah Aliyah Laboratorium UIN STS Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar sejarah siswa kelas XI IPA 2 Madrasah Aliyah Laboratorium UIN STS Jambi yang menggunakan metode Giving Question And Getting Answer dengan perolehan persentase pada prasiklus sebesar 33% kategori rendah, siklus I persentase sebesar 67% kategori sedang, dan siklus II persentase sebesar 79% kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan terjadinya peningkatan terhadap keaktifan belajar sejarah dengan menggunakan metode Giving Question And Getting Answer. Hal ini ditunjukkan pada setiap indikator dan siklusnya mengalami peningkatan. Metode yang berbasis kelompok ini bertujuan untuk proses pembelajaran yang menyenangkan dan mengoptimalkan interaksi antar siswa dan guru sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih aktif. Incidents that occur regarding lack of active learning are one of the problems that occur in the world of education, especially in Indonesia. Active learning itself is important in order to develop and improve critical thinking skills so that they can solve problems that will be faced in everyday life. The aim of this research is to find out how the Giving Question and Getting Answer method is implemented in increasing the history learning activity of class XI IPA 2 Madrasah Aliyah Laboratory UIN STS Jambi. This research was carried out at the Madrasah Aliyah Laboratory of UIN STS Jambi. The subjects of this research were students of class XI IPA 2 Madrasah Aliyah Laboratory UIN STS Jambi. This type of research is classroom action research, the data analysis technique used is descriptive. The data in this research was obtained from observations, questionnaires and documentation. The results of the research showed an increase in the active history learning of class amounting to 79% in the high category. Based on the results of this research, it can be concluded that there has been an increase in active history learning using the Giving Question and Getting Answer method. This is shown in each indicator and the cycle has increased. This group-based method aims to make the learning process enjoyable and optimize interaction between students and teachers so that the teaching and learning process becomes more active.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Giving Question And Getting Answer, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lauri
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:23
Last Modified: 22 Dec 2023 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59019

Actions (login required)

View Item View Item